312 Anggota PPS Resmi Dilantik KPU Pohuwato

oleh -243 Dilihat
Anggota PPS
Suasana KPU Pohuwato melantik anggota PPS se-Kabupaten Pohuwo. (KPU)

Dulohupa.id – Setelah melalui tahapan seleksi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato melantik 312 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Seluruh anggota PPS itu nantinya akan bertugas di 101 desa dan 3 kelurahan yang masing-masing di isi 3 orang.

Hal tersebut disampaikan langsung ketua KPU Kabupaten Pohuwato, Rinto W. Ali usai melantik 312 PPS di aula Universitas Pohuwato, pada Selasa (24/1/2023)

“Alhamdulillah kami telah menyelesaikan seluruh proses seleksi. Semula dari pendaftaran itu ada sekitar 1.000 lebih yang melakukan registrasi melalui App SIAKBA yang kemudian memenuhi syarat administrasi itu sekitar 949 orang. Selanjutnya masuk ke CAT dan yang memenuhi syarat itu ada 600 orang. Dari jumlah itu kami ambil 312,” ungkap Rinto.

Ia juga menambahkan selain tugas yang diamanatkan oleh undang-undang, anggota PPS ini kedepannya juga akan melakukan verifikasi faktual calon anggota Dewan Perwakilan Daerah DPD RI.

“Jadi, selain tugas yang diamanatkan oleh UU yaitu menjalankan tahapan-tahapan khususnya terkait dengan pemutakhiran data pemilih, kemudian akan ada juga kagiatan verifikasi faktual terhadap calon anggota DPD RI. Mereka yang diberikan wewenang untuk melakukan verifikasi faktual,” ujarnya.

Reporter: Hendrik Gani