Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialDEPROV GORONTALO

Yayasan An-Nur Lopo Peringati Hari Santri Nasional

148
×

Yayasan An-Nur Lopo Peringati Hari Santri Nasional

Sebarkan artikel ini
Hari Santri Nasional
Peringatan Hari Santri Nasional di Yayasan An-Nur Lopo, Kabupaten Gorontalo. Foto/Humas DPRD

Dulohupa.id – Tanggal 22 Oktober merupakan Hari Santri Nasional yang ditetapkan pemerintah melalui Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2015. Pada tahun 2023 ini, hari Santri Nasional mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”.

Hari Santri Nasional diperingati berbagai pondok pesantren di setiap daerah, termasuk Yayasan An-Nur Lopo salah satu Pondok Pesantren (Ponpes) yang berada di desa Lopo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Minggu (22/10/2023).

Selain para santri dan masyarakat, juga beberapa tokoh turut hadir pada upacara puncak hari santri nasional.
Dalam peringatan ini, Yayasan An-Nur Lopo juga mengusung subtema, yaitu “Dari Pesantren Untuk Indonesia”.

Salah satu tokoh Gorontalo yang juga merupakan Wakil Ketua II DPRD Provinsi Gorontalo, Sofyan Puhi dalam kesempatan tersebut menjadi Inspektur Upacara.
Sofyan mengungkapkan bahwa peranan santri sangat penting untuk negeri ini.

“Hari ini dalam rangka mengenang, menghormati dan memperingati peran serta kontribusi santri untuk bangsa dan negara,” papar Sofyan pada upacara peringatan tersebut.

“Santri adalah pilar penting dalam peradaban kita. Santri adalah penjaga tradisi, penjaga kearifan lokal, penjaga nilai-nilai agama, serta menjaga perdamaian dan persatuan ditengah masyarakat bangsa yang kita cintai,” sambungnya.

Banyak harapan dari masyarakat Indonesia kepada generasi muda, melalui Hari Santri Nasional ini untuk Indonesia kedepannya yakni menuju Indonesia emas ditahun 2045.

Reporter: Yayan