Untuk Indonesia

Waspada! Hujan Deras dan Angin Kencang Masih Akan Terjadi di Februari

Dulohupa.id- Masyarakat Gorontalo diminta untuk terus waspada. Sebab, Badan Metereologi,Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Gorontalo memprediksi cuaca buruk berupa hujan deras dan angin kencang masih akan berlangsung di Februari 2021.

Kepala Seksi Informasi dan Data, BMKG Gorontalo, Wahyu Imantoko menerangkan, meski intensitas  hujan tidak begitu tinggi, tapi potensi cuaca buruk masih bisa terjadi. Karena, fenomena La Nina belum sepenuhnya selesai.

“Cuaca buruk berpotensi terjadi, karena fenomena La Nina ini masih dalam status moderet (standar) dan berangsur ke lemah. Jadi untuk itu, potensi cuaca buruk masih ada di bulan Februari,” ujarnya kepada Dulohupa.id via saluran telpon, Senin (1/2).

Wahyu menjelaskan, yang perlu diwaspadai ialah gelombang air laut yang berada di perairan utara, juga di selatan. Dalam pantauan BMKG sendiri, gelombang air berpotensi mencapai satu hingga dua meter di perairan selatan, dan wilayah perairan utara akan mencapai satu hingga nyaris mencapai tiga meter.

Baca Juga:  1 Desa di Dengilo Direndam Banjir, BPBD Pohuwato: Ini Karena Tambang

“Prediksi kami dari tanggal 31 sampai dengan tanggal 2 Februari, tinggi gelombang di kisaran 1-2 meter. Dan yang paling diwaspadai bagian perairan utara, juga tidak menutup kemungkinan untuk wilayah perairan selatan yang harus diwaspadai juga,” terangnya.

Lanjut Wahyu, masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan agar selalu memperhatikan keadaan cuaca saat hendak melaut. Karena, potensi cuaca buruk masih akan berlangsung di bulan Februari 2021.

Reporter: Zulkifli Mangkau

Comments are closed.