Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialPEMKAB POHUWATOPOHUWATO

Wabup Pohuwato Bacakan Amanat Presiden Jokowi Terkait Hari Lahir Pancasila

42
×

Wabup Pohuwato Bacakan Amanat Presiden Jokowi Terkait Hari Lahir Pancasila

Sebarkan artikel ini
Hari Lahir Pancasila Pohuwato
Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa saat menjadi inspektur upacara peringati hari lahir Pancasila tahun 2023l/Humas Pemda

Dulohupa.id – Pada upacara hari lahir Pancasila, Wakil Bupati (Wabup) Pohuwato, Suharsi Igirisa yang juga sebagai inspektur upacara membacakan amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tentang penekanan untuk membangun peradaban dan pertumbuhan global.

Hari lahir pancasila tahun 2023 mengangkat tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir pancasila oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016 dan ditetapkan juga sebagai hari libur nasional.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 itu berlangsung di halaman kantor bupati Pohuwato, Senin (5/6/2023). Upacara diikuti oleh Sekretaris Daerah, Iskandar Datau, staf ahli bupati, asisten, pimpinan OPD, dan seluruh ASN di lingkungan Pemda Pohuwato.

Ketika membacakan amanat Presiden RI, Wabup Suharsi Igirisa mengungkapkan pancasila adalah pedoman hidup berbangsa yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila juga adalah jati diri sebagai bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Pancasila adalah dasar negara kita yang lahir dari perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka dari penjajah. Pancasila adalah rumusan dari nilai-nilai luhur yang hidup di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang beragam suku, agama, budaya dan adat istiadat,” ungkap Suharsi.

Selanjutnya Wabup Suharsi mengajak seluruh masyarakat untuk saling bekerja sama dan menghormati serta saling menguntungkan dalam membangun peradaban dan pertumbuhan global. Masyarakat juga harus sadar akan tanggung jawab untuk menjaga perdamaian dunia, menegakkan hak asasi manusia, melindungi lingkungan hidup, dan menjadi bagian dari solusi bukan masalah.