Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINENASIONAL

Viral 3 Remaja Naiki Punggung Ikan Paus

93
×

Viral 3 Remaja Naiki Punggung Ikan Paus

Sebarkan artikel ini
Remaja Naiki Paus
Tangkapan layar video 3 pria remaja naik di atas punggung ikan paus. Foto/Fb Herman Bahar Sembay Zazg.

Dulohupa.id – Beredar video 3 pria remaja menaiki punggung ikan paus viral di media sosial. Unggahan video dari akun facebook Herman Bahar Sembay Zazg yang di posting pada (05/06/2024).

Dalam video tersebut memperlihatkan beberapa orang sedang menonton ikan paus yang melintasi perairan dekat Pulau Misool, Raja Ampat, Papua Barat Daya.

Ikan paus yang belum diketahui jenisnya merupakan mamalia yang jinak, sehingga sejumlah remaja leluasa bermain bersama paus tersebut. Unggahan video itu mendapat 38 ribu like dari penonton facebook serta beragam komentar.

Warga net meminta masyarakat sekitar untuk terus menjaga habitat ikan paus dan fauna lain yang hidup di perairan Raja Ampat.

Ikan Paus saat terlihat di perairan Raja Ampat, Papua Barat Daya

Sementara itu, Peneliti Kelautan lebih khusus Mamalia Laut atau Paus Orca, Verrianto Madjowa mengatakan bahwa tindakan duduk dan berdiri di atas punggung paus merupakan tindakan tidak benar.

”Meskipun paus ini jinak, tubuhnya bukan tempat bermain manusia. Ini satwa liar, bukan mainan,” kata Verri pada Minggu (30/06/2024).

“Tindakan seperti ini menunjukkan upaya konservasi di Raja Ampat belum maksimal,” lanjutnya.

Kata Verri, Raja Ampat adalah contoh konservasi laut yang berhasil di Indonesia, akan tetapi yang dipertontonkan dan divideokan ini tidak benar serta tidak menunjukkan Raja Ampat sebagai kawan konservasi yang berhasil.

“Paus adalah mamalia laut, satwa liar yang tidak bisa diperlakukan seperti ini. Tidak boleh berdiri dan duduk di atas punggung paus,” pungkasnya.