Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Update Harga Barito di Gorontalo: Harga Tomat Naik 42 Persen

Dulohupa.id- Minggu awal November 2020, terjadi fluktuasi harga untuk sejumlah komoditas harian di Pasar Sentral Kota Gorontalo.

Dari survey langsung yang dilakukan oleh tim Dulohupa.id, untuk bawang rica tomat (barito) mengalami kenaikan maupun penurunan harga.

Per 4 November 2020, harga tomat naik sebesar 42 persen. Harga di akhir Oktober yang berkisar 6 ribu rupiah hingga 7 ribu rupiah, hari ini naik menjadi 10 ribu rupiah.

Sementara bawang merah, dari harga 38 ribu rupiah, hari ini naik menjadi 40 ribu rupiah. Artinya terjadi kenaikan harga sebesar 5 persen.

“Harga Tomat sebelumnya 6 sampai 7 ribu sekarang sudah 10 ribu rupiah perkilogram, begitupula harga bawang merah dari harga 38 ribu sekarang sudah 40 ribu di awal bulan November ini,” ujar pedagang rempah-rempah Leni Ishak kepada Dulohupa.id, Rabu (4/11).

Sementara komoditi yang justru turun harga ada cabai. Harga di akhir Oktober mencapai 50 ribu rupiah, per hari ini harganya turun menjadi 45 ribu rupiah.

“Untuk harga Rica sebelumnya 50 ribu perkilogram skarang 45 ribu perkilogram. Rica ini mulai tadi menurun dengan jumlah sedikit,” tutup Leni.

Reporter: Yusuf Konoli