Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Uji Publik DPS Dimulai Hari Ini, KPU Bone Bolango Buka Posko Layanan Lindungi Hak Pilih

Dulohupa.id – Panitia Pemungutan Suara (PPS), mulai hari ini, Selasa (22/9), melaksanakan uji publik terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu. Uji publik tersebut akan berlangsung selama satu pekan, atau hingga 28 September 2020 mendatang.

Untuk itu, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, KPU Bone Bolango, Humairoh U. Tipuwo mengatakan, bahwa pihaknya bersama PPK, dan PPS, juga telah membuka Posko Layanan Lindung Hak Pilih untuk menerima masukan dan tanggapan masyarakat, pengawas, serta peserta pemilihan terhadap DPS.

“PPS akan menyampaikan surat pemberitahuan terdaftar di DPS kepada semua pemilih berbasis KK (Kartu Keluarga),” kata Humairoh, Selasa (22/9).

Humairoh menyampaikan, bahwa saat menyampaikan surat pemberitahuan terdaftar di DPS kepada masyarakat, PPS langsung membawa formulir A.1.A-KWK. Hal itu agar dapat langsung diisi dan ditandatangani oleh yang memberi masukan atau tanggapan terhadap DPS.

Adapun kata Humairoh, bahwa hal ini dilakukan untuk menyosialisasikan tahapan pemutakhiran data, serta sebagai upaya melindungi hak pilih masyarakat. Diakhir wawancara, ia mengingatkan kepada semua pihak yang terlibat di lapangan, untuk selalu mematuhi protokol pencegahan penularan COVID-19.

“Selain melindungi hak pilih, kami juga wajib mengingatkan, mari kita saling melindungi diri dari penularan COVID-19, dengan cara mematuhi protokol kesehatan,” tutup Humairoh.

Reporter: Mega Inag
Editor  : Wawan Akuba