Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Kabupaten Gorontalo Jadi Tuan Rumah Festival Kelapa Nasional 2020

Dulohupa.id – Kabupaten Gorontalo menjadi tuan rumah Festival Kelapa Nasional 2020. Sedikitnya ada 500 komunitas bonsai kelapa yang hadir dalam festival yang digelar di Taman Budaya Limboto tersebut. Adapun kegiatan itu akan berlangusung selama dua hari.

Rushtamrin Haris Akuba, pengurus Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek) Indonesia perwakilan Gorontalo mengatakan, kegiatan tersebut memang digelar setiap tahun. Dan di Kabupaten Gorontalo merupakan kegiatan keempat, sedangkan yang pertama digelar di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau; kedua di Kabupaten Lingga; dan ketiga di Karangasem Provinsi Bali.

“Festival kelapa ini dirangkaikan (dengan) merayakan hari kelapa se-dunia, tujuannya adalah untuk membangkitkan kembali kejayaan kelapa. In sya Allah dengan adanya festival kelapa kita bisa membangkitkan ekonomi rakyat, memberi semangat bagi petani dimana saja berada,” ungkap Rusthamrin, Selasa (22/09).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, bahwa pandemi COVID-19 menghantam perekonomian. Ditandai dengan pertumbuhan ekonomi yang menurun dan pengangguran yang meningkat. Namun dengan festival tersebut, menunjukan bahwa kelapa bisa berjaya dengan produk yang dihasilkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Rahmat Pomalingo mengatakan, bahwa ada kurang lebih 250 komunitas di Gorontalo yang ikut terlibat dalam festival tersebut.

“Selama pandemi COVID-19, memang harga kelapa menurun, tetapi dengan adanya kreatifitas pembuatan bonsai kelapa, bayangkan satu butir kelapa hargnya dari 250 ribu sampai 5 juta Karena kreatifitas mereka, di masa pandemi mereka di rumah, para penggiat kelapa terus melakukan kreativitas,” lanjut Rahmat.

Makanya kata dia, walaupun pandemi belum berakhir, namun pihaknya tetap melaksanakan kegiatan tersebut. Sebab, “Kabupaten Gorontalo tetap konsisten, walaupun pandemi kita tidak bisa berhenti, jangan karena pandemi semua berhenti banyak cara lain untuk dilakukan untuk mengembalikan kejayaan kelapa,” tutup Rahmat.

Reporter: Fandiyanto Pou
Editor  : Wawan Akuba