Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Tim Gabungan TNI, Polri, dan Pemkot Gorontalo Rutin Merazia Tempat Keramaian

Dulohupa.id – Gabungan TNI, Polri, dan Pemerintah Kota Gorontalo menggelar Operasi Yustisi dengan menyasar tempat-tempat keramaian di wilayah tersebut. Tim ini dalam operasinya menekankan pada sosialisasi pendisiplinan penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan COVID-19.

Adapun operasi ini sebetulnya, adalah penerapan surat edaran Wali Kota Gorontalo, terhadap kepatuhan dan pengetatan protokol kesehatan yang mulai diberlakukan sejak 5 Oktober hingga 19 Oktober 2020.

Dalam surat edaran tersebut, terdapat beberapa point yang mengharuskan tempat-tempat seperti gedung pertemuan, kafe, warung kopi (warkop), salon atau spa, tempat hiburan malam, restoran atau rumah makan, dan tempat yang dapat mengundang orang banyak, untuk menyediakan sarana penunjang protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, serta mewajibkan adanya social distancing.

Dalam surat itu juga tercantum, bahwa tempat-tempat yang disebut diatas jam pengoperasian untuk sementara waktu dibatasi hingga pukul 21.00 WITA, dimana jika pemilik tempat usaha yang tidak mengindahkan edaran tersebut maka akan diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kabag Ops Polres Gorontalo Kota, Kompol Lufti Amir mengatakan, untuk mengefektifkan edaran tersebut, TNI, Polri, Pemerintah Kota Gorontalo dan gugus tugas COVID-19 akan melakukan pengawasan, pemantauan, razia serta penindakan bagi pelanggar kepatuhan protokol kesehatan.

“Masih ditemukan sejumlah tempat yang belum menerapkan edaran wali kota. Para pemilik tempat usaha tersebut masih diberikan teguran secara lisan,” ujar Kompol Lufti.

“Malam ini para pemilik tempat usaha tersebut masih kami berikan teguran, kemudian jika tetap melanggar maka akan dilakukan penindakan sesuai ketentuan yang berlaku”, tutup Kabag Ops Polres Gorontalo Kota itu.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Mega