Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Terkait Vaksinasi COVID-19, Jokowi: Kita Ingin Keselamatan dan Kemanan Masyarakat

DULOHUPA.ID- Presiden Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kesiapan pelaksanaan simulasi vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tanah Sereal, Kota Gorontalo, Jawa Barat, Rabu (18/11).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menjelaskan bahwa keselamatan dan keamanan masyarakat adalah prioritas tertinggi dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Makanya, sejumlah tahapan ilmiah dilakukan pemerintah dan wajib diikuti.

“Kaidah-kaidah ilmiah ini sudah saya sampaikan wajib diikuti. Kita ingin keselamatan dan keamanan masyarakat itu harus betul-betul diberikan tempat yang paling tinggi,” kata Presiden Joko Widodo.

Jokowi mengungkapkan, bahwa kriteria yang diharapkan dari vaksin adalah kemanfaatannya yang maksimal. Makanya, semua vaksin yang akan disuntikkan kepada masyarakat, merupakan vaksin yang terdaftar dan disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Setelah vaksin-vaksin dimaksud masuk ke Indonesia, masih terdapat sejumlah tahapan yang harus ditempuh untuk memastikan keamanan dari penggunaan vaksin itu. BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) sebagai lembaga pengawas juga akan terlebih dahulu melakukan uji dan verifikasi standar untuk dapat mengeluarkan emergency use authorization (EUA) terhadap vaksin tersebut.

“Kita memperkirakan akan mulai vaksinasi itu di akhir tahun 2020 atau di awal tahun 2021 karena memang proses persiapannya itu tidak hanya menerima vaksin kemudian langsung disuntikkan, tapi juga harus menyiapkan distribusi ke seluruh Tanah Air,” tutup Jokowi.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Editor