Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Terkait Perpanjangan PSBB Gorontalo, Ini Saran Rizalul Ansor Kepada Pemerintah

Dulohupa.id – Terkait perpanjangan PSBB di Gorontalo, Rizalul Ansor Gorontalo menyarankan kepada pemerintah, agar dapat memberikan solusi yang efektif dalam penaganan penyebaran covid-19 di Gorontalo. Karena menurut mereka, pelaksanaan PSBB di Gorontalo belum maksimal.

Untuk itu, Rizalul Ansor Gorontalo menyarankan, agar pemerintah lebih memfokuskan pengawasan terhadap wilayah yang disebut zona merah. Tujuanya adalah untuk memberikan kelonggaran kepada masyarakat yang berada di zona hijau untuk beraktivitas seperti biasanya, namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ketua Rizalul Ansor Provinsi Gorontalo, Sabrin, mengatakan bahwa PSBB yang dilaksanakan oleh pemerintah Gorontalo dengan menutup seluruh pintu masuk sudah benar, namun meskipun begitu jumlah pasien positif covid-19 masi terus bertamabah. Untuk itu sebaiknya dalam penerapan PSBB ini pemerintah lebih fokus dan benar-benar memperhatikan wilayah yang termasuk zona merah.

“ Saat ini segala aktivitas masyarakat sudah dibatasi, termasuk aktivitas warga yang ada di wilayah zona hijau. Alangkah baiknya pemerintah Gorontalo lebih fokus di wilayah yang zona merah. Jadi di Gorontalo ini kan ada wilayah yang zona merah dan ada juga yang zona hijau. Pemerintah sebaiknya fokus saja di zona merah, dan batasi seluruh aktivitas masyarakat di wilayah tersebut, dan jika perlu tutup dan tidak boleh keluar dari wilayah itu. Namun pemerintah harus benar-benar memperhatikan masyarakat yang ada di wilayah tersebut dengan memberikan bantuan kepada mereka.” Kata Sabrin

Lanjut Sabrin menjelaskan,” Nah untuk masyarakat yang ada di zona hijau, tidak perlu diberikan bantuan, biarkan mereka tetap beraktivitas seperti biasanya namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan begitu pemerintah tidak perlu lagi membuang banyak anggaran untuk memberikan bantuan kepada masyarakat Gorontalo, dan perekonomian pun dapat tetap berjalan. Jelasnya

Hal yang sama juga dikatakan oleh Ketua Rizalul Ansor Kota Gorontalo, Imran Tahir. Menurutnya Pemerintah tidak perlu menutup pasar mingguan dan masjid, cukup wilayah yang zona merah saja yang di tutup rapat.

“ Cukup wilayah yang termasuk zona merah yang di tutup, pemerintah, aparat Kepolisian maupun TNI fokus saja di wilayah itu.  Dan tidak perlu menutup pasar mingguan, karena banyak masyarakat pedagang yang penghidupannya hanya di pasar, saat ini terhimpit ekonominya gegara aturan tersebut. Begitu pula dengan larangan salat di masjid, atau tempat ibadah lainnya, sebaiknya larangan salat di masjid cukup di wilayah yang zona merah saja dan untuk wilayah zona hijau tetap dibiarkan salat di masjid namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Yang perlu di perhatikan adalah tutup rapat semua pintu masuk Gorontalo, dan kedua untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang sudah ada, maka pemerintah perlu menutup akses keluar masuk kecamatan ataupun kelurahan/desa yang zona merah.” Jelas Imran (Erik)