Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Tenggat Waktu Hari Ini, KPU Pohuwato Ingatkan Bapaslon Segera Masukan Dokumen Perbaikan

Duluhupa.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, Rinto W. Ali, kembali mengingatkan kepada setiap Bakal pasangan calon (Bapaslon), bahwa batas pemasukan berkas dokumen perbaikan syarat dukungan perseorangan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pohuwato sampai pukul 24.00 Wita.

Menurut Rinto, KPU telah membuka kesempatan untuk dimanfaatkan sebaik mungkin oleh setiap Bapaslon, yang belum memenuhi syarat minimal dukungan pada rapat pleno hasil rekapitulasi verifikasi faktual dukungan perseorangan.

“Batas pemasukan berkas perbaikan Bapaslon hari ini sampai dengan jam 12 malam. Terhitung dari tanggal 25 Juli kemarin,” kata Rinto W. Ali, Ketua KPU Pohuwato saat diwawancarai di Aula KPU Pohuwato, Senin (27/7/2020).

Kata Rinto juga, setiap bapaslon yang belum memenuhi syarat minimal dukungan, harus memasukan dua kali lipat suara dukungan dari kekurangan pada hasil rapat pleno kemarin (21/7).

“Hasil rapat kemarin itu tidak ada yang memenuhi syarat. Hamdi Alamri hanya memproleh suara dukungan sebanyak 9.083, kekurangan 901 dukungan, dan harus memasukan dokumen perbaikan suara dukungan sebanyak 1.802. Untuk Ibrahim Bouty mendapatkan 7.883 suara dukungan; kekurangan 2.181, dan harus memasukan suara dukungan sebanyak 4.362,” katanya.

Sedangkan Amin Haras menurut Ketua KPU Pohuwato, hanya mendapatkan 4.993 suara dukungan, kekurangan 4.991, dan harus memasukan perbaikan suara dukungan sebanyak 9.982.

Sementara itu, menurut Rinto, baru Bapaslon Hamdi – Zairin yang telah memasukan berkas dokumen perbaikan.

“Untuk Bapaslon Ibrahim Bouty sendiri telah mengonfirmasi kehadirannya serta penyerahan dokumen perbaikan selepas salat Dzuhur, dan untuk Amin Haras juga sama, pihaknya telah mengonfirmasi kepada KPU, akan menyerahkan dokumen perbaikan selepas salat Isya malam nanti,” ujar Rinto W. Ali diakhir wawancara. (Zul)