Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Bapaslon Hamdi – Zairin Serahkan Syarat Dukungan Perbaikan ke KPU Pohuwato

Dulohupa.id – Bakal pasangan calon (Bapaslon) jalur independen pada Pilkada Pohuwato, Hamdi Alamri dan Zairin T.D Maksud, telah menyerahkan dokumen syarat dukungan perbaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, pada hari Minggu (26/7/2020) kemarin.

Syarat dukungan perbaikan itu diserahkan oleh tim Lo Hamdi – Zairin beserta tim penghubungnya. Sebelumnya, pada rapat pleno hasil rekapitulasi verifikasi faktual dukungan perseorangan yang dilaksanakan oleh pihak KPU Pohuwato, pada hari Selasa, (21/7/2020), Bapaslon Hamdi – Zairin tak memenuhi syarat minimal dukungan.

Sebab, Hamdi – Zairin pada hasil rekapitulasi kemarin hanya mendapatkan 9.083 suara dukungan, dan belum memenuhi standar minimal dukungan yang telah ditetapkan dalam keputusan KPU Nomor 4/PL.02.2-Kpt/7504/KPU.Kab/X/2019 tentang syarat minimal dukungan wilayah Kabupaten Pohuwato, yang harusnya sebanyak 9.984 dukungan suara.

Aslam Maa, selaku tim penghubung Bapaslon Hamdi – Zairin mengatakan, saat ini mereka sudah menyiapkan dokumen perbaikan yang dibutuhkan untuk menutupi kekurangan dukungan pada hasil rekapitulasi kemarin.

“Saat ini kami sudah menyiapkan 3.650 suara dukungan perbaikan yang sudah ter-submit di aplikasi SILON, dan akan kami serahkan ke KPU,” ujar Aslam.

Sementara itu, Rinto W. Ali dalam sambutannya, sesuai pada rapat pleno hasil rekapitulasi (21/7) kemarin, Bapaslon Hamdi – Zairin yang bertarung dijalur independen harus menyiapkan 1.802 suara dukungan untuk memenuhi syarat minimal dukungan.

“Dalam ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 18 tahun 2019 pasal 32 A, jika syarat minimal dukungan belum terpenuhi, maka konsekuensinya, Bapaslon harus bisa memenuhi dukungan sebanyak dua kali kekurangan dukungan yang dibuktikan dengan fotokopi KTP elektronik,” kata Rinto W. Ali.

Rinto juga menambahkan, kalau memenuhi syarat minimal dua kali dari jumlah yang dibutuhkan, nanti bisa berlanjut ke tahap verifikasi faktual di lapangan.Lanjutnya, “Kalau tidak memenuhi syarat, tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya,”. (Zul)