Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Langkah Preventif KPU Pohuwato Cegah Penularan COVID-19

Dulohupa.id – Tingginya mobilitas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato dalam melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember mendatang, tak melunturkan sikap preventif pihaknya mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Sikap pencegahan ini dilaksanakan dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di area kantornya pada Senin (27/7/2020).

Langkah-langkah preventif ini tentunya, sejalan dengan ketentuan pada pasal 2 ayat (2) PKPU Nomor 6 Tahun 2020 yang menyatakan, bahwa pemilihan serentak lanjutan diselenggarakan dengan mengutamakan prinsip kesehatan dan keselamatan, berpedoman pada protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Darwin Nento, selaku Kasubag Umum dan Logistik KPU Pohuwato, turut ambil bagian dalam aktivitas penyemprotan yang dilakukan secara mandiri oleh Pegawai KPU Pohuwato tersebut.

“Penyemprotan dilakukan ke seluruh ruangan dan lingkungan kantor KPU Kabupaten Pohuwato, khususnya ruangan tempat dilaksanakan Penyerahan Syarat Dukungan Perbaikan Bapaslon Perseorangan,” ujar Darwin.

Darwin juga menambahkan, langkah ini sebagai upaya antisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungan KPU Pohuwato, mengingat saat ini mobilitas dan intensitas pekerjaan KPU semakin tinggi.

Ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali menegaskan, seluruh area kantor KPU Pohuwato harus gencar disemprotkan cairan disinfektan, walaupun sebenarnya belum ada yang terpapar dikantor KPU Pohuwato.

“Intensitas kunjungan ke KPU Pohuwato dari berbagai pihak saat ini semakin tinggi, sehingga harus dilakukan sterilisasi”, ungkap Rinto W. Ali.

Rinto juga mengatakan, secara umum seluruh area di lingkungan KPU Pohuwato dilakukan penyemprotan disinfektan

“Semua ruangan disemprotkan cairan disinfektan, baik diruang komisioner, sekretariat, aula, toliet, halaman, tempat parkir, mushola, Media Center, PPID, front office, dan gudang tidak luput dari penyemprotan,” tambahnya. (Zul)