Untuk Indonesia

Tak Marah, Anggota TNI Justru Beri uang Kepada Pelanggar Protkes, Ini Alasannya

Dulohupa.id- Salah seorang prajurit TNI yang bertugas di Kodim 1314 Gorontalo Utara, Kopral II Munawir Sadap, melakukan sikap terpuji kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan (protkes). Jika biasanya pelanggar protkes diberi hukuman, oleh Munawir justru diberi uang.

Ceritanya, saat itu, Munawir Sadap melakukan sosialisasi bersama tim gabungan yang berlangsung di sekitaran Terminal Limboto, Kabupaten Gorontalo, Selasa (23/2).

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, ia melihat salah satu pengendara roda tiga (bentor) yang tidak menggunakan masker. Ia pun memberhentikan pengendara itu dan menanyakan kepada pengendara perihal pelanggaran nya.

“Kenapa tidak menggunakan masker dan tidak menggunakan helm saat berkendara, tau kan protokol kesehatan harus dipatuhi?,” Tegas Munawir kepada pengendara itu.

Tak mengelak, pengendara itu justru menjawab pertanyaan Munawir dengan suara kecil dan halus.

“Belum dapat uang untuk membeli masker pak, saya minta maaf. Ini juga saya baru keluar rumah untuk mencari penumpang pak,” ucapnya.

Mendengar alasan tersebut, Munawir pun langsung memberikan uang sejumlah Rp 10 ribu kepada pengendara tersebut, agar bisa membeli masker.

Usai sosialisasi, Munawir menyatakan, kewajiban untuk menjaga kesehatan itu, adalah tugas bersama, dan membutuhkan kepedulian dan saling mengingatkan oleh sesama.

“Saya lihat juga tadi bapak itu kurang mampu, jadi rasa peduli padanya dan berikan uang untuk membeli masker,” jelasnya.

Ia pun menjelaskan. Tidak hanya pengendara itu saja yang melanggar. Sejauh pemantauannya, banyak yang melakukan pelanggaran berupa tidak menggunakan masker.

“Tadi sosialisasi ditemukan 20 lebih pelanggar protkes, hanya di satu titik saja dan kami hari ini ada dua titik kami sosialisasikan yakni di terminal dan pasar secara mobile,” pungkasnya.

Reporter: Fandiyanto Pou

Comments are closed.