Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Tak Efektif, Dinas Kesehatan Imbau Masyarakat Gorontalo Tak Pakai Masker Scuba

Dulohupa.id – Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menyatakan, masker scuba dan buff kurang efektif menangkal virus corona. Hal itu disampaikannya melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden beberapa waktu yang lalu.

Merespon hal tersebut, Kepala Dinas Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir, mengimbau masyarakat untuk tidak lagi menggunakan kedua jenis masker tersebut. Sebab masker jenis ini dianggap tidak mampu menyaring virus SAR-COV2 penyebab COVID-19, yang pada dasarnya dalam bentuk partikel kecil.

“Masker Scuba tak bisa memfiltrasi (menyaring) partikel-partikel COVID-19. Maka kita merekomendasikan masyarakat tidak menggunakan masker jenis itu. Sebaiknya memang menggunakan masker medis atau N95,” ungkap Roni Shampir saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (05/10).

Tidak hanya itu kata dia, masker kain dengan hanya satu lapisan pun, sama sekali tidak efektif. Karena jika dipakai oleh orang yang terpapar COVID-19, maka justru membuat virus yang ia hembuskan dalam bentuk droplet tersebut, terpecah menjadi partikel yang lebih kecil lagi. Padahal, semakin kecil droplet yang ditumpangi virus ini, maka makin besar kemungkinan ia bertahan di udara.

“Dari hasil penelitian yang ada, penggunaan masker scuba tidak hanya berdampak pada kerentanan terkena COVID-19, tapi ini juga akan memperparah penyebaran COVID-19 itu sendiri,” jelas Rony

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Gorontalo, Irawan Huntoyungo mengungkapkan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun telah melarang penggunaan dua jenis masker tersebut.

“Sesuai edaran dari Kemenkes, bahwa masker scuba itu tidak aman. Hal ini bukan bermaksud untuk menyingkirkan para penjual masker scuba. Cuma ini lebih kepada tingkat keamanan dari masker tersebut yang kurang,” ujarnya

Selain itu kata Irawan, “sudah ada beberapa percobaan yang dilakukan untuk mengecek tingkat keamanan masker scuba ini, dan hasilnya masker scuba itu tidak mampu menyaring virus apa saja dan begitu juga abu ataupun polusi yang kita hirup,”.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Fandiyanto Pou
Editor  : Wawan Akuba