Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Sungai Meluap, Jembatan Gantung Bulango Ambruk

Dulohupa.id– Satu lagi peristiwa jembatan ambruk terjadi di wilayah Kabupaten Bone Bolango. Jembatan gantung sepanjang hampir 70 meter, yang terletak di Kecamatan Bulango Utara, Kabupaten Bone Bolango, ambruk terseret derasnya aliran sungai Bulango. Peristiwa ambruknya jembatan gantung yang terjadi minggu (12/7) itu sendiri sempat menjadi tontonan warga sekitar.

Kepada awak media, Kepala Desa Bendungan, Kecamatan Bulango Utara, Kabupaten Bone Bolango, Ismet Pakaya mengungkapkan, penyebab ambruknya jembatan selebar 1,5 meter itu terjadi karena tanah yang menopang jembatan, longsor akibat tergerus air sungai yang meluap.

“Ambruk Minggu sore. Beberapa hari terakhir ini curah hujan sangat tinggi sehingga menyebabkan air di sungai mengalir deras dan mengikis tebing sungai dan menyebabkan jembatan ambruk. Alhamdulllah tidak ada korban pada saat kejadian,” Ungkapnya

Ismet juga mengatakan, jembatan tersebut menghubungkan  Kecamatan Bulango Utara dan Kecamatan Tapa. Jembatan init sangat di perlukan terutama bagi para siswa dan para petani yang membawa hasil pertaniannya di pasar.

“Memang sudah dua tahun terakhir jembatan ini sudah kami persiapkan opsi untuk perbaikan jembatan ini melalui musrembang, namun belum ada tanggapan. Dari tahun 2018 jembatan ini memang sudah menghawatirkan, meskipun demikian jembatan ini masi tetap digunakan terutama bagi para siswa dan petani yang membawa hasil pertaniannya ke pasar serta akses penghubung Desa Bendungan dengan Pusat pemerintahan Kabupaten Bone Bolango.

Ismet juga berharap, Peristiwa ini menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Bone Bolango dan, Pemerintah Provinsi Gorontalo maupun pemerintah pusat agar dapat memperbaiki jembatan tersebut, karena jembatan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kecamatan Bulango Utara. (DP-02)