Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Sumpah Pemuda dan Maknanya Bagi Generasi Millenial

Dulohupa.idSumpah pemuda ialah momentum yang selalu di peringati oleh seluruh pemuda di Indonesia setiap tanggal 28 Oktober, termasuk kelompok pecinta alam yang berada di Marisa, Pohuwato, yang mengatasnamakan diri mereka sebagai Siswa Pecinta Alam Rhizophora.

Menurut sebagian anggota dan alumni dari Sispala Rhizophora tersebut, makna sumpah pemuda sangat penting dan sakral bagi negara Indonesia, khususnya untuk anak-anak muda saat ini.

“Sumpah pemuda itu sebagai spirit bagi pemuda, untuk berbuat lebih baik lagi terhadap bangsa dan negaranya,” kata Andris salah satu anggota Rhizophora kepada wartawan Dulohupa.id, Kamis (29/10).

Andris juga meyakini, peran pemuda sangat diperlukan oleh bangsa dan bagi daerah. Apalagi, dominasi generasi milenial sekarang ini merupakan tanda bahwa pemuda harus memiliki peran yang lebih. Salah satunya, kata Andris, ialah pembentukan karakter tentang lingkungan hidup.

“Euforia sumpah pemuda bagian dari momentum memperingati hari sumpah pemuda tersebut, tapi yang terpenting bagi pemuda saat ini harus lebih peka dan sadar akan keadaan lingkungan hidup yang mulai terancam,” terangnya.

Lanjutnya, apalagi dengan mulai ramainya wisata alam yang dibuka untuk tempat kunjungan, yang berpotensi menimbulkan dampak negatif, sala satunya ialah sampah-sampah yang dihasilkan oleh pengunjung di wisata tersebut.

“Kebanyakan yang selalu berkunjung ke tempat wisata alam itu generasi muda, dan tak banyak juga mereka selalu lupa membawa sampah yang mereka hasilkan; sampah plastik dari makanan dan minuman yang kebanyakan tersisa dari tempat wisata tersebut,” Andris melanjutkan.

Karena jika dibiarkan, lingkungan kita akan terus rusak, sampah-sampah plastik susah untuk diuraikan. Dan kita sebagai pemuda tak akan menikmati lagi bumi yang sehat dan bersih untuk beberapa tahu  ke depan atau generasi selanjutnya.

“Bagusnya, perayaan sumpah pemuda bukan hanya menjadi momentum, tapi juga implementasi dari semangat sumpah pemuda itu sendiri. Peduli terhadap lingkungan hidup salah satu semangat memaknai sumpah pemuda saat ini,” tutup Andris. (ZUL)