Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Stuban Ke Kabgor, Kominfo Boalemo Belajar Tentang Pengelolaan Aplikasi Satu Data

Dulohupa.id – Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Gorontalo, Jumat (12/06) menerima kunjungan dari Kominfo Kabupaten Boalemo. Kunjungan ini merupakan bagian dari Studi Komparasi tentang pengelolaan Aplikasi Satu Data. Pertemuan berlangsung di Aula Kantor Kominfo Kabupaten Gorontalo.

Mewakili Kadis Kominfo Kabgor, Kepala Bidang (Kabid) Aplikasi dan informatika Zulkifli Mohi menjelaskan, dari hasil kunjungan beberapa waktu kemarin saat melakukan silaturahim ke Kominfo Kabupaten Boalemo, Kabid Data dan Statistic, Rahmi Soreang, sempat menjelaskan tentang, Aplikasi data sektoral Kabgor yang sudah memiliki Aplikasi sendiri.

“Dengan adanya penjelasan ini, maka Dinas Kominfo Kabupaten Boalemo melakukan Studi Komparasi mengenai pengelolaan data berbasis aplikasi data sektoral tersebut untuk diadopsi,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan oleh Zulkifli Mohi, mereka juga sempat menanyakan apakah aplikasi ini, format awalnya bersumber dari mana. Menjawab hal ini Mantan Sekcam Boliyohuto menjelaskan, format dasar dari aplikasi ini adalah berdasarkan kebutuhan lokal yang berjumlah sekitar 5 ribu format pilihan dari aplikasi SIPD, yang mencakup seluruh kebutuhan data OPD di Kabgor.

Dijelaksan pula olehnya, sumber data sendiri adalah data ril dari desa, sebab yang menjadi penghimpun data adalah operator dari masing-masing desa.

“Aplikasi ini merupakan bentuk penguatan terhadap tupoksi Dinas Kominfo, khususnya dalam pengelolaan data yang ril dilapangan, sebagai dasar pengambilan kebijakan dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten,” tambahnya.

Zulkifli juga mengaskan, memang yang menjadi kendala adalah bagaimana Kominfo bisa berkolaborasi dengan pemerintah desa dalam memberikan data up to date dan di input sendiri oleh pemerintah desa.

Dalam pengelolaannya pun menurutnya, tidak lepas dari kerjasama antar Dinas Kominfo dan lembaga pertikal seperti BPS Kabgor, yang turut memfasilitasi pembinaan kepada aparat desa dalam mengelola data berbasis elektronik.

“Rencananya mereka akan bekerja sama dengan Kominfo Kabgor dalam pengelolaan data di Kabupaten Boalemo. Tapi yang jelas formatnya sesuai dengan kebutuhan wilayah masing-masing,” tandas Zulkifli Mohi yang menambahkan, staf Kominfo yang menciptakan hal ini juga turut dihadirkan dalam pertemuan tersebut. (Dhedy)