Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Cegah Antraks, Kabgor Gelar Vaksin Massal di Zona Merah Antraks

Dulohupa.id – Merebaknya penyakit antraks yang menyerang ternak sapi di Kabupaten Gorontalo, menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Gorontalo. Belum lama ini, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo, menggelar vaksin massal, kepada ratusan hewan ternak sapi di Desa Daenaan, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo. Langkah ini diambil, untuk menekan penyebaran antraks, yang saat ini mulai menyerang puluhan warga di Kabupaten Gorontalo.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo yang hadir langsung dalam kegiatan vaksin massal itu mengatakan, Pemkab Gorontalo saat ini, sudah mencanangkan lumbung ternak sehingga perkembangan ternak sapi terus naik. Olehnya, penyakit antraks benar-benar harus ditekan penyebarannya.

“Saya datang karena disini ada kasus antraks. Kita tau bersama Kabgor ini sudah mencanangkan lumbung ternak dan hal ini perkembangan sapi kita terus naik. Nah memang salah satu problem kita adalah penyakit antraks” Ungkap Nelson

Lebih lanjut Nelson mengatakan, vaksin massal di Kabupaten Gorontalo khususnya di Desa Daenaa sendiri, sudah mencapai 1000 ekor sapi.

“Vaksinasi ini harus kita lakukan secara berkelanjutan. Saya berharap semua sapi di sini harus divaksin,”Jelas Nelson.

Namun demikian, selain upaya vaksinasi, Nelson juga menghimbau pentingnya kesadaran masyarakat perihal penyakit antraks yang kerap terjadi beberapa tahun terakhir di Kabupaten Gorontalo.

“jika ada kejadian ternak yang mati mendadak, agar dapat dilaporkan ke Dinas Peternakan dan Keswan, jangan langsung disembelih apalagi sampai dimakan,” Tandasnya. (Deddy)