Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Banjir Bone Bolango, Jembatan Putus, 1479 KK Terdampak Banjir

Dulohupa.id – Sejumlah wilayah di Kabupaten Bone Bolango terdampak banjir. Hingga kamis (11/6) pukul 20.00 wita, jumlah kepala keluarga yang terdampak banjir, mencapai 1479 KK. Tak hanya itu, sejumlah fasilitas umum juga dilaporkan rusak berat. Jembatan Bulobulotuo dilaporkan rusak berat, sementara jembatan Molintogupo ambruk diterjang banjir.

Dari pantauan redaksi Dulohupa.id dari sejumlah titik lokasi banjir, untuk wilayah Kabupate Bone Bolango, banjir melanda 6 kecamatan di Bone Bolango, masing-masing, Kecamatan Bone, Suwawa Tengah, Suwawa Timur, Suwawa Selatan, Suwawa dan Botupingge. Umumnya banjir melanda rumah-rumah warga yang berada di bantaran sungai, akibat dari meluapnya sungai bone.

Sejak siang hari, sejumlah petugas gabungan, baik dari unsur pemerintahan, polisi, TNI dan Basarnas sendiri sudah berada di titik banjir. Evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir terus dilakukan. Pemerintah Kabupaten Bone Bolango sendiri telah mendirikan posko-posko darurat penanganan banjir di sejumlah wilayah, baik yang berada di wilayah Bone, maupun wilayah Suwawa dan sekitarnya.

Sementara itu, akibat putusnya sejumlah akses jalan yang menghubungkan sejumlah desa di Kabupaten Bone Bolango, beberapa desa dilaporkan sulit dijangkau dan terisolir, khususnya Desa yang berada di wilayah Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango.

“Sejauh ini nelum ada laporan soal korban jiwa, Basarnas dan Tagana sementara melakukan evakuasi,” ujar Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, saat tengah berada di lokasi banjir, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, kamis (11/6)

Hingga berita ini diturunkan, petugas gabungan masih terus berada di lokasi banjir, untuk melakukan evakuasi terhadap warga yang terkena dampak banjir. (Redaksi)