Untuk Indonesia

Staf Khusus Presiden: Pemerintah Telah Salurkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Bencana Alam

Dulohupa.id– Pemerintah terus mengirimkan bantuan ke sejumlah daerah yang terkena dampak bencana alam. Sejumlah bantuan logistik baik peralatan medis, peralatan dapur hingga tenda pengungsian di ditribusikan ke semua daerah terdampak bencana alam.

Melalui siaran pers resmi, Selasa (19/1), Staf Khusus Presiden, Angkie Yudistia mengungkapkan, TNI dan Polri langsung mengawal proses distribusi hingga penyaluran.

Pelibatan TNI-Polri dalam penyaluran bantuan, agar bantuan logistik bisa segera terlaksana dan tepat sasaran. Selain melakukan pengawalan, Kehadiran personil TNI-Polri di lokasi bencana juga untuk membantu membersihkan dampak bencana.

Angkie mengatakan sejak bencana alam terjadi di sejumlah daerah, pemerintah telah menerjunkan tim untuk membantu masyarakat. Bahkan Angkie menambahkan, saat bencana yang terjadi di sejumlah daerah, Presiden Joko Widodo langsung memerintahkan Mensos, Kepala BNPB, Kepala Basarnas hingga Panglima TNI dan Kapolri untuk terjun langsung ke lokasi bencana.

Tak hanya itu, Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kementerian dan lembaga terkait terus melakukan langkah-langkah tanggap darurat. Yaitu, Mencari korban bencana alam, Merelokasi warga terdampak bencana serta upaya antisipasi drainase dampak bencana susulan.

Guna menghindari penyebaran Covid-19 di lokasi pengungsian, tambah Angkie, pemerintah sudah membangun tenda secara terpisah antara lansia dan non-lansia. Tak hanya itu, Pemerintah juga menyediakan pemeriksaan rapid tes antigen untuk para pengungsi, langsung di lokasi pengungsian itu sendiri.

Angkie juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi multi risiko baik dari aspek cuaca, iklim, gempa atau tsunami yang semakin meningkat terutama memasuki bulan Januari, Februari hingga Maret 2021.

Hari ini Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja Provinsi Sulawesi Barat guna meninjau langsung penanganan bencana gempa di Mamuju, Sulawesi Barat. Presiden Jokowi langsung menuju ke posko pengungsian warga yang terdampak gempa bumi.

 

Redaksi

Comments are closed.