Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Siap-Siap! Pelanggar Protkes di Pohuwato Akan Langsung Diberi Sanksi

DULOHUPA.ID- Pemerintah Pohuwato akan langsung memberi sanksi pelanggar protokol kesehatan di wilayah tersebut. Hal itu seperti yang diungkapkan Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan COVID-19 Kabupaten Pohuwato, Ramon Abdjul, Kamis (19/11).

Kata Ramon, sanksi yang dikenakkan merujuk pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 4 tentang Pendisiplinan Penerapan Protokol Kesehatan yang disahkan beberapa waktu yang lalu.

“Dengan mulai diberlakukan Peraturan Gubernur itu, maka kami sudah membentuk tim gabungan bersama, antara lainnya TNI, Polri, Gugus Tugas, dan Satpol-PP yang mulai tadi malam beroperasi menyisir tempat-tempat yang berpotensi tidak mematuhi protokol kesehatan,” jelas Ramon.

Kata Ramon, dengan adanya kekuatan kebijakan dari provinsi tersebut, pihaknya akan mulai menindak masyarakat yang kedapatan melanggar atau tidak mematuhi protkes.

“Kami mulai melaksanakan operasi penerapan protokol kesehatan, dan jika kedapatan ada yang melanggar, akan kami berikan sanksi di tempat,” tegas Ramon kepada Dulohupa.id via telpon, Kamis (19/11/).

Ramon juga menuturkan, sasaran operasi penerapan protokol kesehatan ini adalah tempat-tempat keramaian, seperti tempat wisata, rumah makan, kedai kopi, pasar, toko, dan tempat-tempat yang berpotensi menciptakan kerumunan masyarakat.

“Dan jika kedapatan tidak mentaati prokes, kami akan berikan sanksi di tempat itu juga bagi mereka yang melanggar,” terangnya.

Meski begitu, Ramon mengungkapkan jika pihaknya sampai dengan saat ini masih menunggu Standar Operasional Prosedur (SOP) mengenai prosedur penindakan hukum kepada setiap pelanggar.

“Pergub itu memang mulai dijalankan, tapi kami juga sementara menunggu SOP dari pihak Provinsi, yang katanya SOP itu akan selesai minggu ini,” tutup Ramon.

Lebih dari itu, Dulohupa.id merangkum, ada setidaknya empat sanksi yang akan dikenakan kepada pelanggar protkes di wilayah tersebut, berikut sanksi-sanksi tersebut:

  1. Memakaikan rompi pelanggar prokes kepada warga yang kedapatan tidak patuh prokes,
  2. Memberi hukuman sosial seperti kerja bakti, dan bersih-bersih, sanksi ringan lainnya;
  3. Dibawa ke kantor kepolisian dan akan diberikan pembinaan
  4. Jika kedapatan melanggar protkes untuk kedua kalinya bahkan lebih, maka akan langsung didenda.
*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Zulkifli Mangkau