Siap-siap! Jumat Pekan Ini Jadwal Penyuntikan Vaksin COVID-19 di Gorontalo

Dulohup.id- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman mengungkapkan jika jadwal penyuntikan vaksin COVID-19 di Gorontalo akan dimulai Jumat, (15/1) pekan ini. Yana mengunkapkan hal itu usai melakukan dialog interaktif di RRI Gorontalo pada Selasa tadi, (12/1).

Penyuntikan akan dilakukan pada Jumat nanti, sebab sebanyak 9760 dosis vaksin COVID-19 yang tiba di Gorontalo pekan lalu, baru akan didistribusi ke kabupaten dan kota di Gorontalo pada Rabu besok (13/1).

Ia pun memastikan, proses distribusi itu akan berjalan lancar, serta memastikan setiap kabupaten dan kota akan menerima vaksin produksi sinovac tersebut. Meski begitu, Yana tidak menyebut berapa alokasi vaksin untuk masing-masing kabupaten dan kota tersebut.

“Insya Allah rencananya akan kami distribusikan (vaksin COVID-19) besok dipastikan semua Kabupaten dan Kota sudah menerima vaksin ini yang penting syaratnya dari kami provinsi adalah masing masing Kabupaten dan Kota menjamin vaksin tersebut aman,” ungkap Yana Yanti Suleman, Selasa pagi, (12/1).

Kata Yana, tahap awal pihaknya akan melakukan penyuntikan vaksin kepada tenaga kesehatan yang tersebar di Provinsi Gorontalo. Rencananya penyuntikan vaksin akan mulai pada hari jumat pekan ini.

“Jadi masyarakat tenang aja dulu masih nakes kita yang disuntik, kemudian insya Allah sukses dengan nakes, nakesnya sudah terbentuk imun kami siap menyuntikan ke masyarakat yang bekerja di pelayanan publik dulu, seperti (pegawai) samsat perbankan, tahap ke tiga baru masyarakat,” jelasnya

Yana menambahkan, kabupaten dan kota di Gorontalo saat ini sudah siap menerima pendistribusian vaksin meskipun tempat penyimpanannya baru menggunakan freezer. Meski begitu, penyimpanan itu telah sesuai standar.

“Dari data yang kami terima, yang punya coolroom atau kamar dingin hanya tempat penyimpanan itu hanya ada di Kota Gorontalo dan di instalansi milik Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, sementara kabupaten yang tidak punya coolrom mereka mempunyai freezer yang khusus penyimpanan vaksin. Itu bisa yang peting pasokan listrik tidak akan padam kemudian gendset ketika listrik padam kemudian ada pengukur suhu,” tutup Yana.

Reporter: Abdi