Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Sering Curi Gawai Tetangga, Pria Ini Akhirnya Ditangkap Polisi

Dulohupa.id – Tim Pandawa Satuan Reskrim Polres Gorontalo, berhasil membekuk terduga pelaku pencurian gawai (hp) di Desa Hutabohu, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo. Pria berinisial AD (18) itu merupakan warga setempat dan saat dibekuk akan hendak menjual gawai tersebut lewat media sosial, pada pukul, 20.30 WITA, Sabtu (15/8).

Adapun AD kerap melancarkan aksinya di rumah tetangganya. Korban yang melaporkan perbuatan AD menceritakan jika ia sering kehilangan gawai dari tahun 2018 sampai tahun 2020 ini.

Bahkan katanya, saat dirinya dan keluarga sedang melaksanakan sahur di Ramadhan 2020 kemarin, dan meninggalkan gawainya sesaat untuk dilakukan pengisian baterai, tiba-tiba hilang. Padahal saat itu gawai tersebut ia letakan di kamarnya.

Pelaku saat menjalani pemeriksaan oleh Satuan Unit Reskrim Polres Gorontalo. Foto : Fandiyanto Pou untuk Dulohupa.id

“Saya baru tinggal sekitar setengah jam, saya dan keluarga sementara ba sahur, bale kamari ulang so tidak ada HP saya lia ta cars (Ketika saya balik, gawai saya yang diisi baterai sudah hilang),” ujar korban saat berada di ruang penyidikan Reskrim Polres Gorontalo, Minggu (16/08)

Setidaknya dalam rentang waktu 2018 hingga 2020, korban mengungkapkan telah kehilangan sembilan unit gawai dan satu unit laptop.

“Di rumah saya sudah kehilangan sembilan unit hp dan satu unit laptop.  Yakni, Samsung J2 Prime berjumlah dua unit, Samsung J7 satu unit, Realmi C2 berjumlah satu unit, Honor 7S dua unit, Oppo R1001 satu unit, Maxtron dua unit, Advan satu unit, serta satu unit Laptop merek Acer,” ungkap korban

Sementara itu, Saat dikonfirmasi, Pelaksana harian (Plh) Kasat Reskrim Polres Gorontalo, Ipda Natalia Olii, membenarkan hal tersebut.

“Pelaku ini sering melakukan aksinya di malam hari. Awal mulanya melakukan aksinya dari tahun 2018 sampai tahun ini, (dan) AD melakukan transaksinya melalui Facebook,” ujarnya

Lebih lanjut kata Natalia, Pelaku saat ini ditahan di Polres Gorontalo, dan terancam dengan Pasal 363 ayat (1) ke-3 KUHP dan Pasal 363 ayat (2) KUHP Jo Pasal 64 ayat (1) dimana terdakwa telah melakukan pencurian handphone, di waktu malam hari dalam sebuah rumah atau perkarangan tertutup dan dengan cara melalui jendela untuk sampai pada barang yang dicuri.

“Pelaku terancam pidana penjara paling lama lima tahun sampai sembilan tahun penjara,” tandasnya

Jika dihitung, akibat perbuatan AD ini, korbannya mengalami kerugian sebesar 16 juta rupiah. Adapun dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan sembilan gawai dan satu unit laptop.

Reporter : Fandiyanto Pou