Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

80 Miliar Rupiah Disiapkan untuk Akses Suwawa Selatan-Kabila Bone

Dulohupa.id – Pembukaan akses jalan Suwawa Selatan dan Kabila Bone, menemui titik terang setelah rencana tersebut disambut baik oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala BAPPENAS Suharso Monoarfa, dalam lawatanya ke Kabupaten Bone Bolango, Minggu (16/8).

“Termasuk jalan tadi (yang diusulkan Bupati Bone Bolango), telah dihitung sekitar 75 hingga 80 miliar,” ujar Suharso.

Meski begitu, Suharso menegaskan untuk merealisasikan rencana tersebut dengan syarat tanah untuk pembangunan akses tersebut telah clear dan clean.

“Kita bisa lakukan ini, dan jika saya datang lagi, Jalanya sudah jadi,” ucap Suharso yang saat itu didampingi istrinya, Nurhayati Monoarfa, Wakil Ketua Komisi V DPR RI.

Sebetulnya, terhubungnya Suwawa Selatan dan pesisir selatan, Kabila Bone telah menjadi perhatian besar Bupati Bone Bolango, Hamim Pou. Dalam setiap kesempatannya, ia terus menyuarakan rencana tersebut. Bahkan sebelumnya, ia telah mengirim proposal kepada Wakil Ketua DPRI Rachmad Gobel dan kepada Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo, belum lama.

“Saya mau titip jalan tembus dari Suwawa menuju Kabila Bone jaraknya hanya 9,4 kilometer. Proposal DED-nya sudah diserahkan juga ke Wakil Menteri PUPR dan Wakil ketua DPRI. Jalan tembus yang bisa mengintegrasikan Kabupaten Bone Bolango dengan lima kecamatan di Bone Pesisir,” ucap Hamim Pou kepada Suharso Monoarfa. **(rtr/1)