Untuk Indonesia

Seorang Perawat Meninggal Dunia Setelah Delapan Hari Terkonfirmasi Positif COVID-19

Dulohupa.id- Seorang perawat yang bertugas di ruang isolasi pasien COVID-19 RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Kabupaten Blitar meninggal dunia pada Minggu pagi (14/2).

Wanita berusia 33 tahun itu sebelumnya diketahui terkonfirmasi positif COVID-19, dan sempat dirawat selama delapan hari di RS.

Dirut RSUD Ngudi Waluyo, Endah Woro Utami, membenarkan hal tersebut. Kata dia, “Perawat (itu) meninggal dunia karena terinfeksi COVID-19. Dia sudah terinfeksi sejak 6 Februari 2021 setelah sebelumnya mengalami gejala klinis. Kemudian dilakukan test swab hasilnya terkonfirmasi positif,” kata Endah kepada Dulohupa.id melalui pesan whatsapp, Selasa (16/2).

Endah menjelaskan, bahwa kondisi perawat tersebut diketahui semakin menurun hingga masuk ruang ICU dan dipasang ventilator. Pihaknya pun memastikan tidak ada Komorbid pada pasien.

Baca Juga:  Nelayan Ini Tewas Terjebak di Alat Tangkap Ikannya Sendiri

“Saya pastikan tidak ada komorbid pada perawat yang meninggal itu, hanya obesitas. Yang pasti, penyebab pasien COVID-19 meninggal tidak harus punya riwayat sakit. Banyak juga kasus meninggal tidak komorbid”, jelasnya.

Setelah dilakukan tracing internal ada tiga perawat yang bertugas di ruang isolasi kontak erat. Ketiganya juga terpapar dan mengalami gejala. Saat ini, ketiga perawat itu menjalani perawatan serta observasi di ruang isolasi RSUD Ngudi Waluyo Wlingi.

Endah menambahkan, virus COVID-19 itu menyerang paru-paru,”jadi kalau semua jaringannya rusak, orangnya meninggal tanpa komorbid. Namun dalam konteks COVID-19, pasien Corona dengan komorbid memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi daripada pasien biasa” katanya

“Itu sebabnya mohon jangan anggap remeh virus ini, anak-anak pun bisa kena. Makanya siswa belum bisa belajar tatap muka untuk daerah zona merah,” tambah Endah.

Baca Juga:  Purna Tugas, Bupati Blitar Pamit dengan Tiga Pesan Ini

Dengan adanya kejadian ini, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar siap untuk divaksin tahun ini. Namun setelah itu tetap waspada dan terus mematuhi protokol kesehatan serta dilaksanakan dengan disiplin.

Reporter: Sony Irawan

Comments are closed.