Scroll Untuk Lanjut Membaca
PEMKAB GORUT

Seni Budaya Lokal Tetap Ada di Pulau Saronde

203
×

Seni Budaya Lokal Tetap Ada di Pulau Saronde

Sebarkan artikel ini
seni budaya lokal
Plt Bupati Gorut, Thariq Modanggu didampingi Ketua TP-PKK Gorut, Ny Mariyati Mohamad Modanggu, Staf Ahli Menparekraf, Raden Kurleni Ukar dan Mrs Anke Andree selaku pengelola Pulau Saronde saat bersama melihat fasilitas yang ditawarkan untuk wisatawan.

Dulohupa.id – Dengan dijadikannya Pulau Saronde sebagai destinasi wisata berstandar internasional, bukan berarti nuansa lokal tak bisa menjadi bagian didalamnya.

Justru, menurut Plt Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu telah meminta kepada pihak Blue Bay Divers selaku pengelola untuk memanfaatkan potensi atau kearifan lokal, khususnya seni dan budaya.

“Kami sudah membicarakan dengan pengelola destinasi wisata ini, untuk memanfaatkan potensi-potensi lokal seperti kesenian dan kebudayaan lokal, kemudian partisipasi masyarakat lokal seperti BUMDes untuk memback-up transportasi. Karena Saronde ini destinasi wisata yang long time yang cukup lama bagi wisatawan untuk berlibur,” tuturnya.

Oleh karena itu, kemampuan untuk mengorganisir dari segala potensi lokal untuk kepentingan masyarakat dan bertemu dengan kepentingan pengelolaan Pulau Saronde itu menjadi terbuka luas.

“Dan terakhir dengan konsep Saronde RING, bahwasanya Saronde ini menjadi ikon pertumbuhan dan pengembangan destinasi wisata sekitar, khususnya yang dikelola desa di Gorontalo Utara,” pungkasnya.

Olehnya dipastikan soal Seni Budaya Lokal akan tetap ada dan menjadi salah satu budaya yang di tonjolkan di Pulau Saronde itu.

“Jadi kepada masyarakat atau wisatawan local khususnya wisatawan asal Gorontalo Budaya Local ini tetap akan dilestarikan dan di jaga sehingga tetap akan menjaga kearifan budaya kita di Gorontalo,” paparnya.

 

 

Reporter: Arif