Sekolah di Gorontalo Utara Kembali Dibuka pada 2021

Dulohupa.id – Sekolah di Kabupaten Gorontalo Utara akan kembali beroperasi tahun 2021 mendatang. Proses belajar mengajar akan berlangsung secara tatap muka (luar jaringan/luring).

Namun, ada beberapa ketentuan yang harus sekolah penuhi. Salah satunya dengan menerapakan system shift.

“Kita akan berlakukan sistem shift. Kita akan rolling berdasarkan akumulatif jumlah hari efektif dan jumlah siswa yang ada,” Ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Gorut, Irwan Abudi Usman, Senin (23/11)

Irwan mengatakan, Dengan pembagian sift tersebut, selain melaksanakan proses pembelajaran secara online (Daring). Setiap siswa akan melaksanakan proses pembelajaran luring satu hari dalam lima hari jam pelajaran

“Ilustrasinya untuk 5 hari pembelajaran, kalau seandainya terdapat 20 siswa. Untuk hari Senin itu ada 4 siswa yang masuk, hari Selasa 4 siswa yang masuk. Sehingga dia kumulatif dalam satu minggu itu siswanya akan bisa melaksanakan tatap muka keseluruhan,” terangnya

Irwan mengatakan, sistem pembelajaran tersebut merupakan kolaborasi antara sistem pembelajaran daring dan luring . Tujuannya untuk mencapai ketentuan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang penyampaiannya dengan pembelajaran luring saja.

Sistem ini akan membuat para tenaga pendidik untuk bekerja secara ekstra. Tenaga pendidik, Kata dia, harus benar benar mengatur jam pelajaran agar tetap sesuai antara jumlah jam pelajaran secara daring maupun luring

“Beban mengajar selama 24 jam pelajaran per minggu itu tetap terpenuhi. Tetapi beban itu cukup memerlukan tenaga ekstra karena mereka sedikit sibuk dengan penataan jumlah jam pelajaran secara daring maupun luring,” terangnya.

Kebijakan ini dapat menjadi jawaban atas aspirasi dari masyarakat maupun orang tua terhadap pembelajaran yang dinilai tidak maksimal dengan sistem daring

“Sekalipun pemerintah daerah dalam hal ini Bupati telah menetapkan peraturan tentang pelaksanaan tatap muka, juga satuan pendidikan dan komite menyatakan sepakat. Namun jika orang tua tidak mengizinkan, maka ini kami juga tidak memaksa karena ketentuan tatap muka itu hanya bersifat pembolehan, bukan ketentuan yang bersifat mengikat,” pungkasnya.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Mega