Untuk Indonesia

Sejak Januari 2021, Satgas Covid-19 Kabupaten Gorontalo Terbitkan 515 Surat Izin Kegiatan

Dulohupa.id- Kendati masih dalam masa pandemi Covid-19, namun sedikitnya ratusan surat izin kegiatan telah diterbitkan oleh satgas Covid-19 sejak Januari-Oktober 2021. 

Data yang berhasil dihimpun Dulohupa.id, ratusan surat izin itu meliputi 215 surat izin rekomendasi kegiatan masyarakat dan organisasi, serta 300 surat izin untuk kegiatan pernikahan

Saat dikonfirmasi, Ketua Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku menjelaskan, bahwa memang ratusan surat izin itu dikeluarkan, meski Gorontalo sedang dalam masa pandemi Covid-19. 

“Kami dari satgas Covid-19 Kabupaten Gorontalo sampai dengan saat ini sudah mengeluarkan izin totalnya lima ratus lebih. Baik itu kegiatan masyarakat atau organisasi, dan hajatan maupun pesta,” ujar Sumanti saat ditemui Dulohupa.id, Senin (11/10) sore. 

Meski begitu kata Sumanti, bahwa rekomendasi yang dikeluarkan oleh pihaknya itu, sudah memenuhi syarat dan mematuhi sejumlah kebijakan yang ada. Sebab, jika tak sesuai syarat, maka pihaknya tak akan menyetujui izin tersebut. 

“Kegiatan yang diajukan pemohon itu harus penerapan protokol kesehatan dengan ketat,  kapasitas orang tidak bisa melebihi batas. Bila itu semua sudah dilakukan, maka kami dari satgas akan turun mengecek. Jadi, surat rekomendasi akan disetujui,” ungkapnya. 

Sejauh ini kata Sumanti, dari izin kegiatan yang sudah dikeluarkan, banyak kegiatan yang melanggar aturan. Contohnya seperti, pesta yang sudah lewat waktu, turnamen ataupun pertandingan sepak bola yang sudah menimbulkan kerumunan warga. 

“Kegiatan kalau sudah melanggar aturan yang ada, pastinya dari satgas Covid-19 akan turun langsung untuk menghentikan kegiatan tersebut. Bila terus melanjutkan kegiatan itu, maka pemohon yang akan kami beri sanksi berupa, sanksi administrasi, sosial dan denda. Apalagi ada kegiatan yang belum ada rekomendasi izin sama sekali, itu akan ditindak tegas,” tutup Sumanti.

Comments are closed.