Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Sebelum Bepergian, Masyarakat Diminta Melakukan Screening

Dulohupa.id- Masyarakat yang berencana untuk melakukan perjalanan atau bepergian ke suatu tempat, diminta untuk dapat melakukan screening terlebih dahulu. Hal tersebut kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, untuk memastikan bahwa dirinya benar-benar sehat, dan tidak lantas menjadi pembawa virus.

Selain itu kata Wiku, bahwa screening diperlukan agar tidak menimbulkan penyebaran virus COVID-19 di lokasi tujuan.

“Karena bisa saja mengunjungi suatu tempat dan bertemu masyarakat di sana bisa menularkan ke orang lain. Jangan sampai kita membawa penyakit dari tempat lain membawa kediaman kita,” tutup Wiku singkat.

Sementara itu, seorang motivator yang juga sebagai penyinta COVID-19 mengatakan, protokol kesehatan yang didengungkan selama ini, perlu ditambah dengan satu M, yakni menghindari makan bersama. Sebab, makan bersama di tempat umum dicurigai menjadi salah satu faktor terjadinya penularan COVID-19.

“Jadi problem makan bersama ini. Mudik lalu makan di tempat umum, ini bahaya,” ujar Tung Desem Waringin.

Memang, kata Tung liburan panjang menjadi kesempatan untuk mudik. Namun dirinya menyarankan para pelaku perjalanan melakukan pengecekan swab test untuk memastikan bebas COVID-19 sehingga tidak menularkan kepada orang di sekitarnya.

“Libur-libur itu lebih baik jadi kesempatan berkebun, bersih-bersih rumah. Kalau terpaksa harus keluar, jangan dulu deh,” ujar Tung Desem Waringin.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Editor