Untuk Indonesia

Sebanyak 109 Warga Kena DBD di Kabupaten Gorontalo

Dulohupa.id- Sebanyak 109 warga di Kabupaten Gorontalo per Oktober 2021 terinfeksi virus dengue penyebab demam berdarah dengue (DBD). 

Meski begitu, angka itu rupanya menurun. Sebab, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Shampir mengatakan, penyakit mudah menular yang berasal dari gigitan nyamuk tersebut di tahun 2021 menurun dibandingkan di tahun sebelumnya. 

“Di bulan Oktober ini ratusan warga yang kena DBD itu ada empat warga yang meninggal dunia. Tapi angka kali ini telah menurun dari tahun 2020, di tahun kemarin itu ada 351 warga yang kena DBD,” ungkap Roni kepada Dulohupa.id, Jumat (08/10) sore. 

Lebih lanjut kata Roni, di tahun ini yang terbanyak kena penyakit DBD tersebut ada di Kecamatan Limboto, sekitar 48 warga yang terkena. 

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, yang terbanyak itu ada di wilayah Kecamatan Limboto Barat, kurang lebih ada delapan puluh satu warga,” jelasnya. 

Walaupun penyakit DBD ini telah menurun, Roni menghimbau warga yang merasa sudah ada gejala-gejala DBD segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Selain itu juga warga agar tetap menjaga lingkungan supaya bersih, menjaga lingkungan agar tetap bersih, membiasakan hidup sehat, menutup penampungan air bersih dan jangan ada genangan air di sekitar. 

“Maka warga juga harus tau dengan 3M yakni, menguras, menutup dan mendaur ulang. Pastinya juga tetap menjaga lingkungan yang bersih itu harus diutamakan,” tutup Roni.**

Comments are closed.