Untuk Indonesia

Satpam Ganti Seragam Mirip Polri di HUT ke-40

Dulohupa.id- Satuan Pengamanan (Satpam) RI merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 pada Selasa (2/2). Upacara HUT ini dilaksanakan secara virtual dan dipimpin oleh Karon Binmas Baharkam Polri. Menariknya, pada perayaan ini, Satpam menggunakan seragam baru yang mirip dengan seragam Polri.

Penggunaan serama ini pun sesuai dengan peraturan Kepolisian RI Nomor 4 tahun 2020tentang Pam Swakarsa. Tujuan mengganti seragam Satpam mirip dengan seragam Polri, agar kehadirannya dapat menciptakan efek gentar guna mencegah terjadinya gangguang kamtibmas.

Karo Binmas Polri dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, bahwa perubahan seragam Satpam menjadi kedekatan emosional antara Satpam dengan Polri.  Hal ini juga juga untuk menumbuhkan kebanggaan Satpam sebagai pengemban Fungsi Kepolisian terbatas dan menambah penggelaran fungsi kepolisian di tengah tengah masyarakat.

“Satpam adalah profesi yang mulia dan penting sehingga pada bulan Agustus tahun 2020 yang lalu telah diterbitkan peraturan Kepolisian Nomor 4 tahun 2020 tentang Pam Swakarsa dengan esensi merubah seragam satpam mirip dengan seragam Polri,” ujarnya.

“ Selain itu, secara psikologis dan sosiologis bahwa perubahan seragam Satpam ini mampu menjalin kedekatan emosianal antara Satpam dan Polri sebagai pembina secara Folosofis untuk menumbuhkan kebanggan satpam sebagai pengemban Funsi Kepolisian terbatas dan menambah penggelaran Fungsi kepolisian di tengah tengah masyarakat,” tambahnya.

HUT Satpam ke-40 sendiri di Gorontalo digelar di aula Titinepo Polda Gorontalo yang di hadiri oleh Kapolda Gorontalo Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus.

Reporter: Mega

Comments are closed.