Scroll Untuk Lanjut Membaca
LINGKUNGANNASIONALPEMKAB BONE BOLANGO

Resmi Beroperasi, Puskesmas Suwawa Selatan, Terlengkap di Bone Bolango

177
×

Resmi Beroperasi, Puskesmas Suwawa Selatan, Terlengkap di Bone Bolango

Sebarkan artikel ini
puskesmas
Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, Saat meresmikan pengoperasian Puskesmas Suwawa Selatan, belum lama ini. (F. HMS Bone Bolango)

Dulohupa.id– Warga Kecamatan Suwawa Selatan kini tak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Belum lama ini, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou meresmikan pengoperasian Puskesmas Suwawa Selatan. Dibangun di Desa Molintogupo, Puskesmas ber”budget” 1,9 Milliar itu, Memiliki sejumlah fasilitas terbaik untuk melayani warga Suwawa Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, dr Meyrin Kadir mengungkapkan, Puskesmas Suwawa Selatan merupakan salah satu pembangunan di Bone Bolango yang berasal dari anggaran DAK (Dana Alokasi Khusus).

Meyrin juga mengatakan, Ada 40 tenaga kesehatan berpengalaman yang akan bertugas di Puskesmas Suwawa Selatan. Terdiri dari 20 PNS, 19 tenaga kontrak, dan 1 orang tenaga kesehatan dari program Nusantara Sehat.

“Untuk jenis tenaganya meliputi 1 orang dokter umum, 9 perawat, 11 bidan, satu apoteker, 6 SKM,dan 2 tenaga gizi. Selain itu juga akan ada tenaga administrasi, sopir, serta cleannig service masing-masing satu orang,” terangnya.

Untuk fasilitasnya sendiri, Meyrin mengungkapkan, Puskesmas Suwawa Selatan akan dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung yang sangat lengkap. Antaranya, 1 unit rumah untuk tenaga medis, 1 unit mobil Puskesmas Keliling, 1 unit mobil Ambulance, 1 buah genset, 1 unit motor dinas, sumur suntik menggunakan DAP, dan peralatan lainnya seperti komputer, laptop, alat kesehatan, serta nebulizer.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, Kehadiran Puskesmas Suwawa Selatan harus dapat membantu peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Terutama untuk upaya pencegahan. Karena pusat kesehatan masyarakat seharusnya bukan hanya terfokus pada pengobatan. Tapi juga dalam bidang promosi dan sosialisasi peningkatan dan pencegahan penyakit di masyarakat.