Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Razia Pelanggar Prokes COVID-19, Tim Gabungan Temukan Tipe-Tipe Pelanggar

Dulohupa.id – Tim gabungan dari TNI, Polri, Satpol-PP, dan BPBD Kabupaten Gorontalo, menggelar razia pendisiplinan penegakan protokol kesehatan (prokes), di bawah Tower Pakaya Limboto, Sabtu (22/8).

Setidaknya, sosialisasi tersebut berlangsung dari pukul 15.00 WITA hingga selesai. Saat sosialisasi berlangsung, rupanya masih banyak masyarakat yang didapati tidak menggunakan masker. Baik pengendara motor dua dua, angkutan umum, dan becak motor (bentor).

Kepala Bagian Operasional Polres Gorontalo, AKP A. Asli menjelaskan bahwa memang kegiatan tersebut dilakukan guna memutus rantai penyebaran COVID-19. Sebab dalam beberapa bulan ini, masyarakat yang terpapar virus SAR-COV2 penyebab COVID-19 ini makin meningkat.

“Kegiatan ini adalah untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran COVID-19,” ungkapnya

Lebih lanjut kata Asli, dari hasil pendispilinan itu, masih ada beberapa masyarakat yang didapati belum mematuhi prokes, terlebih penggunaan masker.

“Masih ada beberapa masyarakat yang tidak patuh, dan itu langsung kita berikan edukasi dan teguran kepada mereka, bahkan saat itu juga kami instruksikan untuk pakai masker,” tambahannya

Dirinya juga menyebutkan ada beberapa tipe pelanggar saat razia tersebut, yaitu mempunyai masker tapi tidak dipakai saat melakukan perjalanan.

“Ada yang pakai masker tapi salah cara pakainya, ada juga yang memang tidak bawa karena lupa, ” tutupnya. **

Reporter : Fandiyanto Pou