Untuk Indonesia

Rawan Bencana, Pemkab Pohuwato Gandeng Basarnas untuk Aksi Penanggulangan

Dulohupa.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato menggandeng Basarnas Gorontalo, untuk melakukan penanggulangan bencana di wilayah tersebut. Bentuk kerja sama itu dilakukan dengan menandatangani nota kesepahaman atau MOU pada siang tadi, Selasa (12/10/2021) di Ruang Meeting Bupati.

Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga mengaku, kerja sama itu penting dilakukan, mengingat Pohuwato merupakan daerah yang rawan bencana. Ia pun berharap, dari kerja sama itu, Basarnas Gorontalo mampu membantu pihaknya dalam melakukan penanggulangan bencana. 

“Kerja sama itu, dalam rangka untuk antisipasi lebih lanjut adanya musibah-musibah yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” ujar Saipul.

Apalagi saat ini kata Saipul, kantor Basarnas Gorontalo sementara dibangun di wilayah tersebut. Hal ini tentu membutuhkan sejumlah personel.

“Alhamdulillah seiring dengan pembangunan gedung basarnas, progresnya makin cepat, jadi kita siapkan personil-personil yang dibutuhkan oleh pihak Basarnas,” sambung Saipul.

Ia pun juga mengungkapkan, bahwa saat ini telah mempersiapkan beberapa personel yang akan dilatih dalam menangani bencana. 

“Tagana kita siapkan 5 orang dan 10 orang dari Satpol-PP, yang nantinya oleh pihak basarnas akan dilatih secara terampil untuk menangani yang terjadi di lapangan,” imbuhnya.

“Harapan kami, dengan dibangunnya kantor Basarnas, ini menunjukkan keseriusan Basarnas untuk menangani bencana yang ada di daerah kita,” tutupnya Saipul.

Sementara itu, I Made Junetra, Kepala Basarnas Gorontalo mengungkapkan rasa terima kasih, karena telah diajak untuk bekerja sama. 

“Kami dari Basarnas mengucapkan terima kasih kepada pemerintah khususnya Kabupaten Pohuwato, yang mana pemerintah tersebut memberikan dukungan baik itu moril, tenaga, dan sebagainya,” ucapnya

Junetra mengaku, nantinya calon anggota basarnas yang dari Pohuwato akan dibawa ke kantor Basarnas di Kota Gorontalo, untuk menerima materi dan latihan. Hal ini agar bagaimana saat di lapangan mereka mampu bekerja dengan maksimal.

“Mereka nanti kami planning kan, mereka kami bawah ke kota untuk kami dididik. Karena Basarnas sendiri tugasnya trimedia, baik di darat, udara, maupun di laut, kami akan bekali mereka,” tutupnya.**

Comments are closed.