Untuk Indonesia

Angka Vaksinasi Tembus 80,60 Persen, Pohuwato Kehabisan Stok

Dulohupa.id- Karena terus-terusan digenjot, angka vaksinasi di Kabupaten Pohuwato mencapai 80,60 persen. Karena itu, saat ini stok vaksin di Pohuwato, kosong per Selasa (12/10/2021). 

Namun positifnya, kekosongan stok vaksin untuk warga itu, dimanfaatkan oleh vaksinator, untuk melakukan vaksinasi moderna ke para tenaga kesehatan (nakes). 

“Untuk stok vaksin sinovac sampai saat ini kosong, dan menangani hal itu kita sudah memintakan 10.000 dosis. Informasi tadi insyaallah dalam minggu minggu ini akan ada realisasi,” ujarnya.

“Dan kekosongan sekarang ini dimanfaatkan para nakes untuk vaksinasi moderna. Karena selama ini kan mereka tidak bisa melaksanakan vaksinasi moderna, makanya kekosongan waktu itu digunakan nakes untuk melakukan vaksinasi ketiga,” tambah Irfan. 

Ia menyebut, angka capaian vaksinasi Kabupaten Pohuwato saat ini, mendekati angka vaksinasi Kota Gorontalo. “Kita bersaing dengan Kota Gorontalo, karena data ini hari-hari berubah tapi kita sudah bertahan di satu dua untuk secara manual itu.” ungkap Irfan. 

“Kita berharap targetnya bapak bupati di november sudah sampai 80 sampai 90% sudah bisa kita capai,” harapnya

Irfan pun menjelaskan, bahwa angka 80,60 persen itu masih angka manual, sebab, menurut data pada Sistem Monitoring Imunisasi Logistik secara Elektronik (SMILE), angka persentasi vaksinasi baru mencapai 60,07 persen. 

Perbedaan perhitungan data manual dan data di aplikasi SMILE ini, karena tidak semua wilayah di Pohuwato, sudah tersentuh jaringan internet. Makanya, input data ke sistem tidak merata dilakukan. 

Tak ingin lama-lama kehabisan stok vaksin, saat ini Pemerintah Kabupaten Pohuwato, sedang melakukan permintaan vaksin ke pemerintah provinsi. 

“Kita sudah minta stok yang ada di provinsi, hanya memang pemerintah pusat akan mensuplai ketika dilihat di aplikasi namanya aplikasi (smile) apabila capaian sudah 80 – 90% stok vaksin sudah terpakai, maka dengan sendirinya akan terkirim ke provinsi dan provinsi akan mengirim ke kita,” ungkapnya.

Sementara Sekretaris Satgas COVID-19 Pohuwato, Ramon Abdjul, juga mengungkapkan, bahwa pemerintah Pohuwato akan terus menggenjot capaian vaksinasi sesuai dengan target yang telah ditentukan. Apalagi mengingat Desember mendatang target program vaksinasi di kabupaten Pohuwato telah rampung dilaksanakan. 

“Vaksinasi terus dilaksanakan di tingkat kecamatan dan desa, dan target kita capaian vaksinasi ini sesuai dengan target yg telah ditentukan,” ujar Ramon via telepon. 

Ramon juga berharap, masyarakat Pohuwato tetap menjalankan protokol kesehatan meskipun telah melakukan vaksinasi pertama dan kedua. Upaya kesadaran ini untuk membangun kepekaan sosial di masyarakat dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 di kalangan masyarakat Pohuwato. 

“Iya, masyarakat harus tetap menjalankan protkes saat berkegiatan di luar rumah meskipun sudah divaksin, ini menjadi bagian penting dalam memutus rantai penyebaran COVID-19,” tutup Ramon.

Reporter: Zulkifli Mangkau

Comments are closed.