Scroll Untuk Lanjut Membaca
BONE BOLANGOPemilu 2024

Puskesmas Bulango Timur Turun ke TPS Beri Layanan Kesehatan

82
×

Puskesmas Bulango Timur Turun ke TPS Beri Layanan Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Layanan Kesehatan di TPS
Kepala Puskesmas Bulango Timur, Ersilawati Abas saat memberikan keterangan terkait pelayanan kesehatan di wilayahnya. Foto/yayan

Dulohupa.id – Ikut mengawal dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Bulango Timur turun ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk beri pelayanan kesehatan kepada para petugas dan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Puskesmas Bulango Timur, Ersilawati Abas kepada Dulohupa saat ditemui di TPS 003 Desa Tuloweya, Kecamatan Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango, Rabu (14/02/2024).

“Untuk pelayanan kesehatan selama Pemilu ini, dimana kami Kepala Puskesmas harus mengawal kesehatan para penyelenggara Pemilu,” ujar Ersilawati.

Kata Ersilawati, bahwa semua Puskesmas akan memberikan pelayanan selama 1×24 jam untuk memberikan pemeriksaan kesehatan kepada petugas penyelenggara Pemilu.

“Tentunya kami Puskesmas Bulango Timur yang bukan pelayanan UGD atau pelayanan rawat inap, tapi kami harus membuka pelayanan 1×24 jam untuk memastikan bahwa penyelenggaraan Pemilu dalam keadaan sehat,” ucap Kepala Puskesmas Bulango Timur kepada Dulohupa.

Menurutnya, pihaknya telah menempatkan kordinator-kordinator disetiap TPS yang ada di Kecamatan Bulango Timur. Nantinya, jika terdapat petugas penyelenggara Pemilu yang mengalami gangguan kesehatan maka kordinator tersebut yang akan dihubungi, dan selanjutnya akan di evakuasi ke Puskesmas. Selain itu, pihak Puskesmas juga menyediakan obat-obatan untuk dibagikan kepada para penyelenggara.

“Untuk obat yang kami sediakan, pertama yang kami berikan ada vitamin, kami juga memberikan obat maag kepada penyelenggara, karena kami sudah memperkirakan bahwa para petugas akan terlambat makan,” pungkas Ersilawati.

Dirinya menyebutkan, bahwa pada hari ini sudah ada 1 orang petugas penyelenggara Pemilu dengan gejala mual, namun telah selesai ditangani pihak Puskesmas.

“Hasil yang kami dapatkan dilapangan, itu kami laporkan ke PSC di Dinas Kesehatan. Dan tentunya juga di Dinas Kesehatan ada posko, jadi semua data dari 20 Puskesmas di rangkum di Dinas Kesehatan,” tutupnya

Reporter: Yayan