Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEPOHUWATO

Pupuk Phonska Mirip Kerikil, Begini Penjelasan Produsen

306
×

Pupuk Phonska Mirip Kerikil, Begini Penjelasan Produsen

Sebarkan artikel ini
Pupuk Phonska
Petani di Paguat saat memperlihatkan pupuk Phonska yang dinilai mirip kerikil. Foto/Ist

Dulohupa.id – Belum lama ini masyarakat di Kelurahan Libuo, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo digemparkan adanya bentuk pupuk subsidi NPK Phonska mirip kerikil.

Adris Pohuntu, salah satu petani di Kelurahan Libuo mengaku terkejut dengan bentuk pupuk Phonska yang menyerupai batu kerikil. Hal itu didapat saat dirinya hendak melakukan pemberian pupuk pada tanaman jagung miliknya.

Menanggapi hal itu, salah satu produsen pupuk, Jefri Sama’un menjelaskan, bentuk pupuk itu memang berubah, akan tetapi itu merupakan bukan batu kerikil, melainkan bahan baku dalam pembuatan pupuk tersebut.

“Itu bukan batu pak, itu memang bahan baku khusus yang digunakan dalam pembuatan pupuk NPK Phonska. Pupuk yang kemarin dan sekarang sama kandungannya, tidak ada yang berubah,” jelas Jefri Sama’un, saat memberikan sosialisasi di salah satu kios tani di Kecamatan Paguat, Kamis (13/6/2024).

Pupuk
Sosialisasi perubahan bentuk pupuk yang diproduksi oleh PT Petrokimia Gresik ke PT Pupuk Kaltim.foto: Hendrik Gani

Lebih lanjut Jefri juga menjelaskan terkait pupuk Phonska yang tidak larut dengan air, tapi pupuk Phonska subsidi yang baru ini memang agak sedikit lama larut dengan air.

“Tapi, tidak sampai sehari, pasti pupuk itu akan larut. Memang karena ini pupuk dengan model baru jadi masyarakat kaget juga. Tapi sebenarnya ini sama,” jelasnya.

Pembuatan pupuk Phonska ini dibuat oleh PT Petrokimia Gresik yang kini telah beralih dan dibuat oleh PT Pupuk Kalimantan Timur. Kata Jefri, pembuatannya berbeda namun kandungan pupuk sama dan tidak ada yang berubah.