Pohuwato Kembali Berstatus Zona Merah COVID-19

Dulohupa.id- Kabupaten Pohuwato kembali berstatus zona merah penyebaran COVID-19, setelah sejumlah tenaga pendidik atau guru, dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab.

Hal tersebut sesuai keterangan Sekretaris Satgas COVID-19 Pohuwato, Ramon Abdjul. Ia mengungkapkan, Pohuwato kembali ke zona merah akibat lonjakan kasus positif dari tenaga pendidik di Pohuwato.

“Pohuwato kembali ke zona merah. Karena ada hasil swab positif dari guru-guru kemarin. Sebanyak 31 orang hasil positif. (Jadi) totalnya jika dijumlah semua yang positif di Pohuwato berjumlah 40 orang yang positif ketambahan dari 31 positif kemarin (itu),” tuturnya.

Kasus tersebut artinya menambah jumlah kumulatif kasus COVID-19 di Pohuwato. Kata Ramon, sampai dengan saat ini jumlah positif COVID-19 di kabupaten tersebut sebanyak 178 orang. Dari jumlah itu, yang sembuh sebanyak 135 orang, sementara dirawat 40 orang, dan yang meninggal 3 orang.

Meski begitu, pihaknya juga saat ini masih menunggu hasil swab dari 117 orang guru yang menjalani pemeriksaan swab.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Pohuwato, Sarahwanti Abbas juga mengomentari daerah tersebut yang telah kembali ke zona merah.

Ketambahan kasus tersebut kata Sarahwanti, aktivitas seperti perkumpulan dan rencana pembukaan sekolah di Pohuwato masih belum dipastikan kapan akan dilaksanakan, karena mengingat lonjakan kasus positif dari kluster tenaga pendidik.

Ia juga menjelaskan, 31 orang yang positif itu tidak bergejala Alias OTG dan sementara melakukan isolasi mandiri.

“Mereka yang positif itu dalam pemantauan dan tidak bergejala, dan juga sudah melakukan isolasi mandiri. Kami perkiraan beberapa hari lagi mereka akan sembuh,” Imbuhnya dalam wawancara.

Reporter: Zulkifli Mangkau