Masalah Tak Kunjung Selesai, Wabup Gorontalo Marah dan Ancam Cabut Ijin PT Royal Coconut

Dulohupa.id– PT Royal Coconut kembali berulah. Meski telah menjadi sorotan sejumah pihak, persoalan yang menjadi keluhan warga, terutama mengenai limbah maupun persoalan BPJS Karyawan belum juga terselesaikan. Tak tanggung-tanggung, hal ini di buktikan langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo, Herman Walangadi, saat melakukan sidak ke PT Royal Coconut, Kamis (7/1).

Herman membuktikan sendiri fakta terkait sejumlah persoalan yang selama ini terjadi di PT Royal Coconut. Herman bahkan sempat terlihat kesal dan marah mendapati sejumlah karyawan ternyata tidak memiliki BPJS. Padahal BPJS sendiri merupakan salah satu tanggung jawab yang harus perusahaan berikan untuk setiap karyawannya.

“Saya tadi sempat tanya ke beberapa karyawan apa mereka punya BPJS, jawaban mereka tidak sempat bawa dan bahkan tidak punya BPJS,” ungkap Wabup Gorontalo, Herman Walangadi.

Tak hanya itu, Herman juga membuktikan langsung pengelolaan limbah pabrik yang selama ini menjadi persoalan. Hasilnya, Herman juga mengaku kecewa dengan pengeolaan limbah pabrik itu.

“Saya minta segera di benahi hingga akhir januari, jika tidak ijin perusahaan ini akan kami cabut,” tegasnya.

Sementara itu, General Manager PT Royal Coconut, Rahmat Tambun mengaku pihaknya telah melakukan sejumlah pembenahan terkait pengelolaan limbah. Namun memang ia mengaku, pekerjaannya belum selesai 100 persen.

“Memang ada beberapa pembenahan yang selama ini akan di benahi,” ungkapnya.

Sedangkan untuk persoalan BPJS Ketenagakerjaan, Rahmat juga mengatakan, Pihaknya telah mendaftarkan seluruh karyawan.

“Kami bersyukur karena diperhatikan langsung oleh pemerintah daerah. Kita akan berupaya PT. Royal Coconut tetap beroperasi serta masyarakat sekitar tidak ada lagi yang akan mengeluhkan soal bau menyengat. Kami targetkan perbaikan akan selesai sesuai Arahan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo,” tutup Rahmat.

 

Reporter: Fandiyanto Pou, Dhedy Henga