Scroll Untuk Lanjut Membaca
KOTA GORONTALOPEMKOT GORONTALO

PJ Wali Kota Gorontalo Sebutkan Solusi Atasi Banjir

34
×

PJ Wali Kota Gorontalo Sebutkan Solusi Atasi Banjir

Sebarkan artikel ini
Solusi Banjir
Pj Gubernur Gorontalo bersama Pj Walikota Gorontalo saat diwawancarai awak media usai meninjau lokasi banjir di Kota Gorontalo. Foto/yayan

Dulohupa.id – Penjabat (Pj) Walikota Gorontalo, Ismail Madjid bersama penjabat Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin meninjau lokasi banjir terparah di Kelurahan Bugis, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo, Kamis (20/6/2024).

Ismail menyebut ada beberapa solusi untuk mengatasi banjir di Kota Gorontalo akibat Sungai Bone meluap.

Pemkot Gorontalo telah berkoordinasi dengan pihak PUPR Provinsi Gorontalo serta pihak Balai Sungai dan menghasilkan beberapa solusi terkait banjir yang terjadi. Banyak masyarakat yang rumahnya berada di sekitar bantaran sungai Bone, sehingga air yang meluap cepat masuk ke permukiman.

“Ada berapa alternatif, yang pertama tentunya harus merelokasi masyarakat. Sebetulnya kemarin pada tahun 2020 memang ada upaya seperti itu tapi masyarakat harus siap dan kesiapan kita untuk memindahkan mereka,” ujar Ismail kepada awak media.

Solusi selanjutnya untuk mengantisipasi meluapnya air sungai Bone kata Ismail, yaitu membangun tanggul sungai yang dapat menangkal derasnya aliran air saat intensitas hujan meningkat di hulu.

“Bangunan untuk penahan air diperlukan, Insya Allah mungkin dengan harapan Pak Gubernur dan koordinasi dengan Kadis PUPR provinsi Insya Allah akan segera di tindak lanjuti,” pungkasnya.

Menurutnya, dengan kondisi saat ini baiknya alternatif-alternatif tersebut harusnya segera di tindak lanjuti agar mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan luapan air sungai kedepannya.

Reporter: Yayan