Untuk Indonesia

Pertengahan Januari 2021, Harga Cabai di Gorontalo Naik 100 Persen

Dulohupa.id- Harga cabai di Gorontalo naik 100 persen, pada pertengahan Januari 2021. Dari sebelumnya harganya 40 ribu per kilogram, per 16 Januari 2021 kemarin harganya mencapai 80 ribu rupiah.

Kepada jurnalis Dulohupa.id seorang pedagang bernama Erwin mengungkapkan, bahwa memang ada kenaikan harga cabai di Gorontalo. Terlebih ketika musim penghujan. Erwin yang merupakan pedagang rempah-rempah yang ada di jalan Rusli Datau, Kelurahan Dulomo Selatan, Kota Gorontalo itu mengaku, pasokan cabai dari petani memang berkurang. Atau bisa jadi, hanya lebih banyak dikirim ke luar daerah.

” Pas so musim ujan ini stok rica kurang, kebanyakan dikirim ke Manado” ujarnya.

Kenaikan pun kata dia berlangsung bertahap. Awalnya dari harga 40 ribu rupiah per kilogram, lalu naik menjadi 60 ribu per kilogram, hingga akhirnya naik menjadi 80 ribu per kilogram seperti saat ini. Padahal, cabai merupakan kebutuhan harian masyarakat Gorontalo. Makanya, kenaikan ini tentu sangat berdampak terhadap masyarakat.

“Masakan itu tidak lengkap rasanya tanpa rica, makanya saya tetap beli biar harganya mahal. Saya biasanya beli rica 1 kilogram, itu saat harganya masi sekitar Rp 40.000 per kilogram. Tapi sekarang saya hanya membeli setengah kilogram saja dan penggunaan rica untuk masakan terpaksa dikurangi,” kata Marni, seorang wara Kota Gorontalo kepada Dulohupa.id.

Reporter: Mega

Comments are closed.