Scroll Untuk Lanjut Membaca
GORONTALOHEADLINE

Pertamina Gelar Simulasi Tangani Kebakaran Fuel Terminal Gorontalo

74
×

Pertamina Gelar Simulasi Tangani Kebakaran Fuel Terminal Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Kebakaran Pertamina
Suasana simulasi penaganan kebakaran di Fuel Terminal Gorontalo. Foto: Humas Pertamina

Gorontalo – PT Pertamina bersama Kepolisian, TNI, Pemadam Kebakaran dan masyarakat Kelurahan Tenda, Kota Gorontalo melaksanakan simulasi penanggulangan kebakaran di Kantor Fuel Terminal Gorontalo, Jumat (10/11/2023).

Simulasi diawali dengan skenario ditangkapnya 2 oknum penyusup yang masuk melalui pagar dermaga dan hendak melakukan pencurian BMM. Petugas keamanan Fuel Terminal Gorontalo mengetahui adanya penyusup melalui CCTV dan melakukan penangkapan.

Para penyusup melakukan pencurian BBM dengan membuka sambungan antar flange pipa drain pada salah satu tangki yang menyebabkan tumpahan BBM. Pada saat penanggulangan tumpahan, terjadi peningkatan akumulasi uap BBM di sekitar tangki timbun yang dipicu oleh penggunaan toolkit saat perbaikan packing yang menimbulkan spark sehingga memicu kebakaran pada tumpahan BMM.

Dalam simulasi ini, juga digambarkan adanya korban selamat akibat ketanggapan personel Pertamina dalam melakukan evakuasi korban.

Fuel Terminal Manager Gorontalo, Kadek Dwi Arianto menjelaskan simulasi penanggulangan keadaan darurat ini merupakan kegiatan yang wajib dan rutin dilaksanakan oleh Pertamina dengan tujuan untuk meningkatkan kewaspadaan setiap orang khususnya karyawan yang bekerja di lingkungan kantor Pertamina.

“Simulasi ini juga menjadi kesempatan untuk mengasah dan mengevaluasi kembali kemampuan personel Pertamina dan tanggung jawab setiap fungsi terhadap kondisi keadaan darurat,” Kadek Dwi Arianto.

PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Gorontalo sendiri diketahui telah memiliki struktur Operasi Keadaan Darurat (OKD) yang siap diaktifkan bila terjadi keadaan darurat di dalam kantor Fuel Terminal Gorontalo.