Untuk Indonesia

Pengurus AMSI Diminta Meluaskan Penguatan Kapasitas Anggota

Dulohupa.id- Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) pusat diminta untuk meluaskan penguatan kapasitas anggota mencakup segi editorial, cek fakta, dan bisnis hingga ke AMSI wilayah-wilayah. Hal tersebut agar tercapai pemerataan kualitas media dan keberlangsungan bisnis media anggota AMSI.

Hal tersebut diungkapkan I’in Yumiyanti, Perwakilan Badan Pertimbangan dan Pengawas AMSI dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2021 Sabtu, 23 Januari kemarin.

Menurut Iin, untuk meningkatkan kredibilitas, program eksisting Cek Fakta AMSI menjadi brand “member Cek Fakta AMSI”, sehingga ke depan menjadi kuat sebagai “jaminan mutu” anggota AMSI.

Iin juga menekankan, AMSI perlu tetap memberi perhatian serius terhadap kesejahteraan dan masalah-masalah penting wartawan.

“Meskipun AMSI beranggotakan perusahaan pers bukan beranggotakan wartawan, perlu diingat wartawan merupakan pilar utama pers,” ujar Wakil Direktur Detiknetwork tersebut.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut mengungkapkan, bahwa memang pihaknya tengah memfokuskan diri untuk membenahi internal organisasi. Hal tersebut agar ke depan, organisasi perusahaan pers tersebut bekerja lebih profesional.

Makanya dalam rapat tersebut kata Wenseslaus Manggut, pihaknya juga ikut membahas kondisi eksternal untuk mendorong ekosistem digital yang lebih sehat. Sebab kata dia, lanskap media saat ini lebih rumit, sisi bisnis dan distribusi menjadi komoditi terbesar. Namun, meida belum mampu menguasai seluruhnya, padahal hal tersebut menjadi ceruk bisnis bagi platform.

“AMSI harus membantu menjaga agar ekosistem digital ini lebih fair untuk media online,” ujar Chief Content Officer Kapan Lagi Youniverse ini.

Sekjen AMSI Wahyu Dhyatmika pun menambahkan, bahwa sinkronisasi kondisi eksternal dan internal AMSI Pusat dan wilayah penting. Hal ini kata dia, agar persepsi yang sama antara pengurus pusat dan wilayah. Katanya, penting untuk menyinkronkan kebutuhan program AMSI nasional dan AMSI wilayah agar terbangun persepsi yang searah dalam mencapai tujuan dan sasaran.

Reporter: Jebeng

Comments are closed.