Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Pemprov Gorontalo Dan Pemkab Kabupaten/Kota Usul PSBB Ke Kemenkes RI

Dulohupa.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo  Bersama Pemerintah Kabupaten/Kota sepakat mengajukan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Hal ini telah disampaikan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie usai melakukan Video Conference bersama Wali Kota dan Bupati se-Provinsi Gorontalo, Selasa (14/04/20).

“Semua Kabupaten/kota, Provinsi dan Perguruan Tinggi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Tokoh Adat Gorontalo mengusulkan Agar Gorontalo segera mengambil langkah PSBB ”ungkap Rusli Habibie.

Lanjut kata Rusli, pihaknya telah melakukan kajian-kajian secara ilmiah terkait situasi daerah jika diberlakukan PSBB. Hasil kajian itu akan segera dikirim ke Kemenkes RI.

“Semoga kajian dan argumen-argumen ilmiah kita mendapatkan respon positif dari Kementrian Kesehatan,”pungkasnya.

Rusli juga mengaku jika pihaknya sudah siap dengan resiko yang akan dihadapi ketika PSBB diberlakukan di Gorontalo.

“Sebagai konsekuensi jika PSBB disetujui, pemda dan pemorov sudah menyiapkan Jaring Pengaman Sosial, Bantuan menyasar 84.181 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama tiga bulan ke depan. Data tersebut dihimpun berdasarkan usulan dari kabupaten dan kota” ungkap Rusli

Pemprov juga optimis jika stok pangan daerah aman. Sebagai contoh untuk ketersediaan beras, ditaksir cukup untuk kebutuhan 120 hari ke depan. Taksiran itu belum termasuk panen padi periode Mei-Juni. (Adv/ikbal)