Dulohupa.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo terus berupaya untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dengan memberikan penguatan kapasitas atau bimbingan teknis penginputan usulan program kegiatan Musrenbang pada aplikasi perencanaan bagi aparatur Kelurahan se-Kota Gorontalo.
Pemberian penguatan kapasitas teknis kepada aparatur Kelurahan merupakan upaya untuk mewujudkan efisiensi dan efektivitas teknis penginputan tahapan usulan-usulan kegiatan Musrenbang yang dimulai dari tingkat kelurahan.
“Alhamdulilah, kita pemerintah Kota Gorontalo dalam hal penggunaan aplikasi SIPD ini, sudah kita mulai sejak pertama kali dilaunching oleh pemerintah pada tahun 2020 dan sampai dengan saat ini telah memasuki tahun keempat dalam proses perencanaan dan penyusunan APBD. Semua proses perencanaan yang dimulai dari usulan masyarakat, pokir DPRD dan rencana kerja perangkat daerah itu diinput dalam aplikasi SIPD sesuai dengan tahapan dan mekanisme yang ada,” Ujar Walikota Gorontalo, Marten Taha, Selasa (14/02/2023).
Marten berharap melalui pelaksanaan bimtek tersebut dapat meningkatkan pemahaman semua aparatur pemerintah, terkait dengan pengimplementasian proses penginputan usulan dari tingkat kelurahan hingga masuk menjadi usulan prioritas untuk rencana kerja pemerintah daerah yang terinput atau terakomodir dalam aplikasi SIPD.
“SIPD sebenarnya memiliki makna strategis dalam upaya menyatukan data perencanaan, keuangan dan pelaporan daerah sekaligus mendorong inovasi percepatan elektronisasi bagi seluruh pemerintah daerah, demi terwujudnya konsistensi antara dokumen perencanaan, penganggaran dan juga pelaporan,” Tandasnya.