Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Pemkab Pohuwato Rancang Ranperda Penerapan Prokes Berbasis Kearifan Lokal

Dulohupa.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato sedang menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) mengenai penerapan protokol kesehatan (prokes) di wilayah tersebut. Menariknya, Ranperda ini dirancang berbasis kearifan lokal.

Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga kepada Dulohupa.id menjelaskan, bahwa langkah Pemkab Pohuwato dalam mengakomodir kearifan lokal dalam penyusunan Ranperda tersebut karena, kabupaten tersebut memiliki banyak sekali kegiatan kebudayaan dan keagamaan. Seperti misalnya hajatan dan doa.

Makanya kata dia, perlu disusun Ranpeda yang mengakomodir kearifan lokal tersebut. Agar, penerapan protokol kesehatan tidak akan saling bertentangan dengan kegiatan budaya dan keagamaan di Kabupaten Pohuwato.

“Jadi maksud dari disiplin prokes yang berbasis kearifan lokal itu, nantinya melalui Ranperda ini kami akan mengatur bagaimana pelaksanakan kegiatan adat dan kebudayaan di Pohuwato yang taat prokes,” kata Syarif.

Saat ini proses Ranperda tersebut masih dalam tahap penyusunan, dengan meminta saran dari berbagai pihak dan kalangan, termasuk masyarakat.

“Saat ini kami masih meminta saran dari segala unsur yang terkait, baik dari pandangan pihak TNI, Polri, Gugus tugas,”

Lanjut dia, “Selain keterlibatan unsur kepolisian dan TNI, kami juga akan meminta perwakilan masyarakat, yang akan terlibat untuk kami mintakan pandangan masyarakat terkait Ranperda ini,” kata Syarif.

Targetnya kata Syarif, Ranperda ini akan mulai berlaku tahun depan.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Zulkifli Mangkau