Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Pemilik Usaha Kafe di Kota Gorontalo Diajak Bahas Protkes

DULOHUPA.ID- Wakapolres Gorontalo Kota, Kompol Boby Rahman bersama Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono, bertemu dengan para pemilik usaha kafe di Kota Gorontalo siang tadi, di Aula Wira Prataman Polres Gorontalo Kota, Rabu (18/11).

Pertemuan itu membahas terkait penerapan protokol kesehatan di Gorontalo yang akhir-akhir ini mulai longgar. Terlebih pada Selasa kemarin, Pemerintah Provinsi bersama Forkopimda Provinsi Gorontalo, melaksanakan Deklarasi Patuh Peraturan Derah (Perda) tantang Protokol Kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Ryan Kono mengungkapkan, bahwa sebagai wilayah yang persentasi kasus COVID-19 kecil, Gorontalo mestinya tidak lengah dan terus melakukan upaya-upaya penerapan protokol kesehatan.

“Namun para pemilik dan pengelola cafe dan restoran tetap lebih memperhatikan protokol kesehatan sehingga para pengunjung bisa selalu menjaga jarak selalu menyediakan wadah untuk mencuci tangan dan selalu menggunakan masker,” jelas Ryan Kono.

Kata Ryan, sebetulnya pemerintah kota tak menginginkan perekonomian lumpuh. Makanya, para pelaku usaha dipersilahkan untuk menjelankan usahanya, namun dengan syarat, yaitu patuh terhadap protokol kesehatan.

“Sehingga itu bahwa di setiap rumah makan dan cafe agar menyiapkan tempat duduk yg terpampang jaga jarak, menyediakan pengukur suhu dan lain lain. Kami bekerja sama dengan TNI dan Polri serta Satgas COVID-19 untuk melakukan pendisiplinan protokol kesehatan, dan edaran protokol kesehatan COVID-19 pemerintah telah disebarkan ke tempat-tempat keramaian,” lanjut Ryan.

Di tempat yang sama, Wakapolres Gorontalo Kota, Kompol Boby Rahman mengungkapkan, untuk para pelaku usaha dapat mengutamakan keamanan diri dengan menerapkan prinsip 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak).

Terkait dengan beroperasinya setiap usaha, menurutnya itu telah sesuai dengan program pemerintah tentang Pemulihan Ekonomi Nasional, hanya saja tetap dibarengi dengan penerapan protokol kesehtan.

“Intinya kita bersama untuk bekerja sama menerapkan protokol kesehatan, bahwa tempat keramaian yg masih terlihat yakni di tempat hiburan, rumah makan cafe dan lain-lain, agar para pengelola selalu menerapkan protokol kesehatan,” tutur Bobby.

“Nanti saya juga akan menitipkan pesan kepada anggota agar melakukan razia bukan di tempat itu itu saja agar melakukan razia secara merata di wilayah Kota Gorontalo, dan pemilik usaha juga agar tidak sungkan untuk melaporkan apabila ada permasalahan di lingkungan usaha apabila terdapat pelanggar protokol yg sulit di atur,” tutup Bobby.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).