Untuk Indonesia

Pemerintah Kota Gorontalo Peringkat 6 Nasional Penerapan SPM

Dulohupa.id – Pemerintahan Kota Gorontalo yang dipimpin oleh Marten Taha dan Ryan Kono ini, kembali torehkan prestasi ditingkat nasional menduduki peringkat ke 6 dalam penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Kota Gorontalo menjadi satu-satunya Kota di Sulawesi yang masuk 10 besar dalam kategori tersebut.

“Alhamdulillah, penerapan SPM tahun 2021 Pemerintah Kota Gorontalo ini tidak sia-sia. Buktinya kta sukses menempati posisi enam nasional untuk tingkat kota” Ungkap Kabag Pemerintahan Setda Kota Gorontalo, Abdulhafidz kepada awak media, Minggu (15/5).

Kota Gorontalo sendiri meraih nilai 95,61 persen dalam penerapan SPM, dibawah Kota Magelang, Samarinda, tanggerang, Surakarta dan Semarang.

Kata Abdulhafidz, torehan nilai diatas 90 persen ini diraih Pemkot Gorontalo dengan trik khusus yakni dengan memprioritaskan program kerja yang menjadi indikator penilaian SPM.

“Kita terapkan sesuai dengan instruksi dan ketentuan yang ada. Misalnya dibidang keehatan, kita ada 14 indikator kerja. Dan pak Walikota terus mendorong agar indikator ini dicapai. Diantaranya dengan menekan angka kematian ibu hamil dan bayi” terang Abdulhafidz.

Selai kesehatan, indikator lain yang menjadi penilaian adalah dibidang pendidikan, sarana dan prasarana, serta keamanan.

Abdulhafidz menjelaskan, dalam torehan pencapaian penerapan Standar Pelayanan Minimal, ini merupakan kali pertama Kota Gorontalo berhasil masuk dalam sepuluh besar.

“Tahun-tahun sebelumnya Pemerintah Kota Gorontalo belum mampu berbicara banyak. Ini kali perdana kita sukses menempati posisi enam nasional. Sehingga, bagi saya ini adalah sebuah prestasi yang prestisius.” Tandasnya.

(Sumitro)

Comments are closed.